-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 898383
Benchmarking Di Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Intan Nurhayati   
Kamis, 21 Desember 2017 10:37

Kamis, 20 Desember 2017, untuk kedua kalinya  Balittri menjadi tujuan fieldtrip para kepala  kebun percobaan dari UK/UPT yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang tengah mengikuti Pelatihan Manajemen Pengelolaan Kebun Percobaan Lingkup Badan Litbang Pertanian yang diselenggarakan oleh PPMKP Ciawi bekerja sama dengan Badan Litbang Pertanian.

Adalah suatu kebanggan tersendiri karena fieldtrip ini merupakan upaya benchmarking, dimana Balittri dinilai sebagai sebuah organisasi yang dianggap memiliki best practice dalam pengelolaan kebun percobaan di lingkup Badan Litbang Pertanian.  Selain itu, juga ingin mengetahui lebih spesifik aspek manajemen dan kepemimpinan dalam pengelolaan kebun percobaan. Demikian disampaikan oleh Dr. Ir. Bambang Budhianto mewakili panitia dan peserta.

Selanjutnya Kasie Yantek & Jaslit Dr. Samsudin, memperkenalkan Balittri dan menjelaskan bagaimana pengelolaan kebun percobaan di Balittri. Dr. Samsudin yang sebelumnya juga pernah diamanahi mengelola kebun percobaan itu memaparkan mengenai fungsi utama kebun percobaan  dan bagaimana aplikasinya di Balittri, yaitu sebagai 1) tempat pelaksanaan penelitian lapang, 2) konservasi ex-situ koleksi sumberdaya genetik, 3) produksi benih sumber, 4) show-window inovasi teknologi. Serta fungsi penunjangnya yaitu 5) kebun produksi, 6) pendukung diversifikasi pangan, 7) bimbingan  teknis (bimtek) dan, 8) lokasi agrowidya wisata ilmiah (AWwI).

Para peserta kemudian diajak ke AWwI untuk melihat lebih dekat bagaimana pengelolaan kebun di Balittri dan masih didampingi oleh Dr. Samsudin. Karena curahan hujan, medan di lapangan agak licin dan berlumur namun para peserta tetap bersemangat menyusuri kebun entres dan koleksi plasma nutfah, dan plot-plot penelitian disana.

Para peserta disambut oleh Ir. Dibyo Pranowo, peneliti utama dan sekaligus penanggung jawab kegiatan AWwI. Beliau menyampaikan mengenai tips dan trik keberhasilan menjalankan kegiatan AWwI dan program produksi perbenihan kopi, kakao dan karet. Beliau menegaskan perlunya persamaan visi mulai dari  pimpinan, penanggung jawab kegiatan dan pelaksana di lapangan. Tantangan di lapangan tidak mudah tetapi dengan kerjasama berbagai pihak maka hal tersebut bisa diatasi dan bahkan bisa menghasilkan performa yang bisa dibanggakan.


Peserta tampak sangat terkesan dengan pengelolaan kebun percobaan di Balittri. Emiliya, S.P., M.Sc., koordinator KP dari BPTP Kaltim, meyatakan kekagumannya dengan berbagai kemajuan dan pembangunan sarana dan prasarana di AWwi dan berharap hal tersebut bisa diaplikasikan di tempatnya. Idrus Hasmi, SP, dari BB Padi juga mengutarakan hal senada. Beliau merasa bersyukur berkesempatan mengunjungi Balittri dan melihat secara langsung bagaimana sebuah kebun percobaan dikelola dengan baik.


 

Artikel terkait