-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 49 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 897404
Akreditasi, Cerminan Kualitas Pengelolaan dan Mutu Publikasi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Rita Harni, Samsudin, & Arifa Chan   
Senin, 05 Februari 2018 11:26

Salah satu indikator keberhasilan dan mutu publikasi hasil penelitian adalah akreditasi. Status akreditasi sebuah terbitan ilmiah mencerminkan kualitas pengelolaan dan mutu publikasi yang dihasilkan. Untuk itu, setiap terbitan berkala ilmiah harus mampu mengikuti rambu-rambu yang telah dituangkan dalam Perka LIPI No 3 Tahun 2014 serta dinamika pengelolaannya. Hal tersebut merupakan fokus utama pada acara Rapat Koordinasi Terbitan Berkala Ilmiah Lingkup Balitbangtan (02/02/2018) di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan yang diikuti oleh seluruh ketua dewan redaksi dan pengelola dari masing-masing 31 jurnal lingkup.

 

Kepala Sub Bidang Akreditasi Pusbindiklat LIPI, Mukhammad Nurul Furqon, S.S., sebagai narasumber pada acara tersebut menjelaskan rambu-rambu akreditasi bagi jurnal yang akan habis masa akreditasinya pada tahun 2018 dan memaparkan persiapan pelaksanaan serta mekanisme pengajuan akreditasi secara online. Salah satu hal yang penting untuk diingat adalah sisi pengelolaan dan kelengkapan, yang merupakan poin utama selain substansi dari terbitan berkala ilmiah.  Hal ini tidak terlepas dari kriteria penilaian yang menekankan pada proses penerbitan dan pengelolaan jurnal itu sendiri, sehingga pengarsipan dan keberkalaan penerbitan secara online mutlak menjadi tolok ukur keberhasilan pengelolaan jurnal.

 

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan sharing knowledge dari beberapa jurnal yang telah lolos akreditasi melalui platform Open Journal System sebelumnya. Beberapa jurnal yang akan reakreditasi dan yang akan mengajukan untuk akreditasi pertama kalinya turut berbagi pengalaman dalam mengelola terbitan berkala ilmiah khususnya jurnal. Dengan adanya rakor ini, diharapkan setiap UK/UPT dapat membangun sinergisitas antar pengelola dan saling mendukung antar terbitan berkala ilmiah satu sama lain, sehingga pada tahun 2018 ini seluruh terbitan berkala ilmiah lingkup Balitbangtan dapat terakreditasi dengan nilai yang baik dan memuaskan. (Arifa Chan/Samsudin/Rita Harni)