-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 776465
Pemantapan Kesiapan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Lingkup Balitbangtan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arifa Chan, Dewi Nur Rokhmah, & Rita Harni   
Jumat, 16 Februari 2018 08:18

Sebagai tindaklanjut rapat koordinasi pengelola terbitan berkala ilmiah lingkup Balitbangtan yang lalu, Balitbangtan mengadakan Workshop pengelolaan Jurnal Elektronik untuk Terbitan Berkala llmiah (TBI) lingkup Balitbangtan pada tanggal 12-14 Februari 2018 di Hotel Lor In SentuI, Bogor dalam rangka persiapan Akreditasi Ulang TBI oleh LIPI pada Periode 1 tahun 2018.


Acara dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan yang diwakili Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Balitbangtan, Dr. Ketut Gede Mudiarta, yang berharap kegiatan ini dapat mengakomodir dan mendukung seluruh terbitan berkala ilmiah lingkup Balitbangtan dalam menghadapi akreditasi tahun 2018.


Workshop yang diikuti oleh 64 peserta yang terdiri dari dewan redaksi, redaksi pelaksana, dan pengelola jurnal elektronik tersebut menghadirkan narasumber dari salah satu anggota tim asesor akreditasi terbitan berkala ilmiah LIPI, Prof. Dr. Ir. Supriadi, M.Sc., serta pengelola dan pengembang TBI dari Pusbindiklat LIPI, Andri Agus Rahman dan Deden Sumirat Hidayat.


Pada paparannya, Prof. Dr. Ir. Supriadi, M.Sc, menyampaikan beberapa permasalahan akreditasi TBI yang secara general masih ditemukan hampir di setiap pengelola TBI. Kendala utama adalah sulitnya transisi pengelolaan dari konvensional ke pengelolaan secara online, karena menuntut seluruh elemen TBI mulai dari keredaksian (dewan redaksi, mitra bestari, penulis, pengelola), penerbitan (proses sirkulasi, editing, terbit), dan penyajian (antarmuka, syarat, kelengkapan administratif) dapat diakses dan dikelola secara online keseluruhannya.


Kendala lain yang tidak kalah pentingnya adalah kuantitas dan kualitas karya tulis ilmiah (KTI), hal ini berdampak pada ketersediaan naskah yang dapat dikelola oleh TBI yang bersangkutan. Semakin sedikit KTI tersedia maka penyaringan KTI dengan kualitas baik pun semakin sulit, semakin sulit mendapatkan KTI dengan kualitas baik maka keberkalaan TBI tersebut menjadi terganggu.


Untuk mengatasi masalah transisi pengelolaan, selama dua hari seluruh peserta dari masing-masing TBI mengikuti bimbingan teknis yang dipandu oleh narasumber dari tim pengelola dan pengembang TBI Pusbindiklat LIPI, Andri Agus Rahman dan Deden Sumirat Hidayat. Hal-hal terkait teknis mulai dari kelengkapan OJS, proses keredaksian, hingga penerbitan dimatangkan pada sesi tersebut.


Selanjutnya pada hari terkahir, dilakukan evaluasi oleh Tim pusbindiklat LIPI terkait kesiapan OJS berikut elemen-elemen yang perlu dipersiapkan untuk proses pendaftaran dan penilaian akreditasi. Evaluasi juga dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Supriadi, M.Sc terkait hal-hal fundamental seperti substansi, penyuntingan dan keredaksian, keterbukaan  dan kemudahan akses terhadap platform onlineTBI, dan kelengkapan secara keseluruhan.


Pada akhir acara, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Sekretariat Balitbangtan, Dhani Gartina, S.Kom., M.T.,  memaparkan hasil workshop yang perlu menjadi perhatian dan ditindaklanjuti. Beberapa hal tersebut antara lain: (1) penguatan kemampuan 4 elemen penting pada TBI yaitu, Penulis, Dewan Redaksi, Mitra Bestari, dan Redaksi Pelaksana, (2) meningkatkan dukungan dan komitmen dari pimpinan masing satker pengelola TBI, dan (3) membangun strategi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas KTI.

 

Artikel terkait