-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 39 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 897658
Pacu Penyediaan Benih Unggul Kopi, Pemda Bali Ajukan Penetapan Kebun Entres Kopi Robusta PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Rabu, 21 Maret 2018 19:34

Pemerintah daerah Provinsi Bali melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhortbun) terus berupaya menyediakan benih unggul tanaman perkebunan, khususnya kopi. Setelah berhasil menetapkan Kebun Induk kopi Arabika varietas Kopyol, pemda Bali kemudian mengajukan permohonan pemurnian, penilaian dan penetapan kebun sumber benih kopi Robusta yang berlokasi di Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan.

Tim dari Direktorat Jenderal Perkebunan yang diketuai Ir. Rr. Suharyati ditugaskan untuk menindaklanjuti permohonan tersebut (19-21 Maret 2018). Anggota tim yang terlibat terdiri dari unsur pemulia tanaman, pengawas benih tanaman (PBT), dan perwakilan dari Distanhortbun Provinsi Bali. Pemulia tanaman dari Balittri, Dani, M.Sc., bersama dengan PBT senior dari BBPPTP Surabaya, Ir. Gatot Subroto, bertugas melaksanakan kegiatan pemurnian dan penilaian empat klon unggul kopi Robusta, yaitu BP 308, SA 237, BP 42, dan BP 358.

Kebun Entres yang secara keseluruhan seluas 0,812 ha didominasi oleh Klon BP 308 (0,440 ha). Hal tersebut didasari pertimbangan tingginya permintaan petani terhadap klon tersebut. Petani setempat bahkan memberi istilah "kopi sakti" untuk klon BP 308 karena kemampuannya bertahan pada kondisi kekeringan. Secara visual, pertumbuhannya memang paling jagur dibandingkan dengan tiga klon lainnya.

Kegiatan pemurnian dan penilaian yang didampingi Ir. I. Made Sukawidana, MP, I. Putu Masdika, SP, MSi, dan Ir. I Made Mertha dari Distanhortbun Provinsi Bali tersebut berlangsung lancar. Tim dapat langsung menyusun dan menyelesaikan berita acara dan laporan hasil kegiatan. Kepala Dinas, Ir. Ida Bagus Wisnu Ardhana, menyambut baik hasil kerja tim dan berharap agar SK penetapan Kebun Entres kopi Robusta dapat segera diterima.

 

Artikel terkait