-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Sigap UPG
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
SKM
Saber Pungli
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 847085
Workshop Penulisan dan Editing Kreatif 2018 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arlia Dwi Hapsari   
Jumat, 30 Maret 2018 21:39

Bertempat di Wisma Kementerian Pertanian, Cipayung, Bogor, berlangsung Workshop Penulisan dan Editing Kreatif yang diselenggarakan oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA). Sebanyak lebih kurang 30 orang pustakawan, pranata humas, dan pengelola publikasi di UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian mengikuti workshop yang berlangsung selama 3 hari (26–28 Maret 2018).

Acara dibuka oleh Mimi Haryani, S.E., M.Si., Kasubbid. Penyebaran Teknologi Pertanian PUSTAKA. Selanjutnya, Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc., Kepala PUSTAKA, berkenan memberikan arahan dan materi Penderasan Diseminasi Inovasi Pertanian melalui Publikasi. Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya penyampaian informasi mengenai kegiatan dan capaian Kementerian Pertanian kepada masyarakat melalui berbagai media, baik media publikasi maupun media sosial. Ketrampilan penulisan dan editing merupakan salah satu faktor yang diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Beliau juga mengingatkan bahwa kemampuan menulis dapat diperoleh dari kegemaran membaca dan berawal dari kecintaan terhadap ilmu pengetahuan. Adapun untuk menjadi editor yang baik, biasanya dimulai dari menjadi penulis.

Workshop menghadirkan narasumber Bambang Trimansyah, S.S., seorang praktisi yang telah berkecimpung selama 20 tahun di dunia penulisan dan editing, serta menulis lebih dari 160 judul buku. Narasumber lain adalah Nina Agustina, seorang praktisi editing dan dosen Universitas Pakuan. Melalui pemaparan dan diskusi interaktif, Bambang Trim menjelaskan serba-serbi penulisan dan editing.

Beliau banyak memberikan tips-tips bagaimana memulai dan melatih membuat tulisan. Menurut Bambang Trim, seringkali hambatan dalam menulis adalah tidak adanya ide. Untuk memunculkan ide, beberapa cara dapat ditempuh yaitu banyak membaca, banyak jalan, dan banyak silaturahmi. Ide abadi adalah masalah. Sebuah tulisan yang baik sedikitnya harus mengandung informasi ADIKSIMBA, yaitu Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (5W+1H). Selebihnya, ketrampilan menulis perlu diasah dengan memperbanyak latihan. Salah satu cara mengasah kemampuan menulis adalah menulis artigraf (artikel tiga paragraph), yang terdiri atas pendahuluan, badan/isi, dan penutup.

Pada sesi selanjutnya, diajarkan materi editing yang meliputi pengenalan profesi  editor, kemampuan yang perlu dimiliki seorang editor, 7 asas penyuntingan, beberapa proses editing, serta tingkatan penyuntingan: ringan (mekanikal) dan sedang-berat (substansi). Selain menerima materi teori, peserta juga berkesempatan melakukan praktik penulisan dan editing. Melalui workshop ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dalam bidang penulisan dan editing, memahami proses penyuntingan, dan meningkatkan ketrampilan menulis. Dengan demikian, kemampuan penulisan dan editing akan mendukung kinerja Kementerian Pertanian, khususnya dalam hal publikasi.