-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 77 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 776505
Gelar Seminar Evaluasi Proposal Kegiatan Penelitian, Puslitbangbun Siap Songsong Tahun 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah & Nendyo Adhi Wibowo   
Selasa, 03 April 2018 20:01

Pemantapan kegiatan penelitian tanaman perkebunan masa depan dimulai dari langkah awal masa sekarang. Untuk itu Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) mengadakan seminar evaluasi proposal kegiatan tahun anggaran 2019 pada hari Selasa 3 April 2018. Bertepat di Ruang Rapat lantai 2 Puslitbangbun, acara dibuka oleh Kapuslitbangbun, Dr.Ir. Fadjry Djufry, M.Si.

Dalam sambutannya Kapuslitbangbun menyampaikan agar setiap kegiatan penelitian yang sedang dan akan dilaksanakan harus dapat diimplementasikan di masyarakat. Varietas Unggul Baru (VUB), misalnya tidak hanya dilepas saja tetapi juga dapat memasyarakat atau dengan kata lain masyarakat dapat merasakan manfaat dengan kehadiran VUB ini. “Ini tidak hanya berlaku di VUB saja, teknologi, formula bahkan produk pun juga haruslah demikian,” lanjutnya.

Selain itu, Kapuslitbangbun sangat mengharapkan setiap peneliti dapat segera merespon berita atau isu-isu mengenai tanaman perkebunan yang berkembang di masyarakat. Berita mengenai penyakit lada beberapa tempo lalu misalnya, bukan suatu hal yang baru bagi lembaga penelitian. Riset mengenai penyakit tersebut telah lama dilakukan hanya saja tidak dipublikasikan hingga ke masyarakat. Untuk itu penderasan informasi positif sangatlah penting agar semua khalayak mengetahui bahwa kiblat riset perkebunan ada di Puslitbangbun.

Setelah sambutan oleh Kapuslitbangbun, acara dilanjutkan dengan pemaparan rencana pelaksanaan kegiatan penelitian tahun 2019 dengan total 10 judul yang dibagi dalam 3 sesi. Kesepuluh kegiatan penelitian ini dievaluasi oleh para ahli perkebunan dengan beragam bidang kepakaran, diantaranya Prof(R). Dr. Ir. Deciyanto Soetopo, M.S., Prof(R). Dr. Ir. Elna Karmawati, M.S., Prof(R). Dr. Ir. Bambang Prastowo, dan Dr. Ir. I Ketut Ardana, M.Si.

Pada kesempatan acara tersebut, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar  yang dipimpin oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D  memaparkan usulan kegiatan penelitian dan pengembangan tentang kopi bisang Luwu Sulawesi Selatan, sebagai tindak lanjut tahapan penelitian tahun sebelumnya yang masih memerlukan tahapan pengujian selanjutnya, sehingga diharapkan pada tahun 2019 didapatkan data lengkap yang meliputi data mikrobiologi, biokimia, molekuler, dan optimasi produksi agensi fermentasi yang mampu meningkatkan mutu citarasa kopi yang dapat segera diimplementasikan ke masyarakat dan industri kopi secara nasional.

Setiap akhir sesi, Kapuslitbangbun memberikan arahan untuk masing-masing kegiatan agar sesuai dengan output yang diharapkan.

 

Artikel terkait