Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
SKM
satu-layanan
WBK
TV-TANI
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 33 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 759368
Perbenihan Kopi Balittri Menjadi Percontohan Bagi Para Pelaku Perbenihan Kopi di Jawa Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Kamis, 05 April 2018 09:19

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pelayanan Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Perkebunan untuk sub unit PPMB Majalengka pada tangggal 27 s/d 29 Maret 2018 bertempat di Apita Hotel, Jl. Tuparev no 323, Kedawung, Cirebon. Acara FGD ini diikuti oleh 26 peserta utusan dari: Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka, Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sumedang, Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, PT PG Rajawali II Cirebon dan DPD APTRI Jawa Barat.

Acara ini dibuka oleh Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (BPSBP), Ir. Hermin Karlina, MP. Kegiatan yang dimulai sejak Selasa malam tanggal 27 Maret 2018 ini membahas teknis perbenihan dan standar mutu benih dari 5 komoditas perkebunan strategis, yaitu: tebu, cengkeh, pala, nilam dan kopi. Narasumber untuk komoditas tebu berasal dari P3GI KP Cirebon, untuk komoditas cengkeh, pala dan nilam berasal dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor, sedangkan untuk komoditas kopi berasal dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi.

Dalam pemaparannya Dr. Ir. Samsudin, M.Si menyampaikan beberapa inovasi teknologi perbenihan kopi yang telah dilakukan oleh Balittri untuk memproduksi sebanyak 657.900 benih kopi Arabika dan 78.200 benih kopi Robusta. Inovasi teknologi perbenihan kopi tersebut mendapat apresiasi khusus dari Kepala BPSBP dan Kepala Seksi Sertifikasi Benih BPSBP, Ir. Hery Damana. Bu Hermin dan Pak Hery yang sudah melihat langsung kondisi perbenihan kopi di Balittri menyatakan bahwa perbenihan kopi di Balittri sangat cocok untuk dijadikan percontohan dan tempat studi banding bagi para petugas daerah dan para penangkar benih kopi di wilayah Jawa Barat.


 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });