-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 67 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 776496
FGD Pelayanan Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Perkebunan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Rabu, 04 April 2018 13:36

Dalam rangka mendukung Tahun Perbenihan Perkebunan Nasional, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang dil aksanakan di 2 wilayah sub unit pelayanan pengawasan mutu benih tanaman perkebunan, yaitu sub unit pelayanan pengawasan mutu benih Tasikmalaya dan Majalengka.

Kegiatan FGD di sub unit PPMB Tasikmalaya dilaksanakan pada tangggal 21 s/d 23 Maret 2018 bertempat di Surya Pesona Beach Hotel, Jl. Pamugaran Bulak Laut Pangandaran, yang dihadiri oleh 26 peserta utusan dari 8 dinas pertanian kabupaten/kota, yaitu: Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar.

Pada kegiatan FGD tersebut dibahas 5 komoditas strategis, yaitu: kopi, teh, kelapa, pala dan cengkeh. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menugaskan 3 peneliti senior, yaitu: Dr. Budi Martono, Ir. Rusli dan Ir. Nana Heryana menyampaikan materi teknis perbenihan dan standar mutu benih teh, kelapa dan kopi.

Acara yang dipandu langsung oleh Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (BPSBP) Jawa Barat, Ir. Hermin Karlina, MP dan Kepala Seksi Sertifikasi Benih, Ir. R. Hery Damana sekaligus dijadikan ajang sosialisasi dan konsultasi seputar proses sertifikasi benih perkebunan yang saat ini sedang menjadi salah satu program stretegis Kementerian Pertanian.

Semoga kepercayaan yang diberikan Dinas Perkebunan Jawa Barat kepada Balittri untuk mendampingi para petugas dan petani komoditas kopi di wilayah Jawa Barat ini akan semakin mempertegas dan memperluas kontribusi Balittri kepada masyarakat.


 

Artikel terkait