-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
SKM
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 847133
Workshop Percepatan Akreditasi Laboratorium, Langkah Pasti Laboratorium Pengujian Balittri dengan ISO 17025:2017 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Setty Utami   
Jumat, 13 April 2018 22:12

Dalam rangka peningkatan mutu pengelolaan manajemen laboratorium dan menindaklanjuti pemberlakuan ISO 17025:2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh akreditasi laboratorium menggantikan ISO 17025:2008,  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan kegiatan Workshop percepatan akreditasi laboratorium yang diselenggarakan di hotel Amarossa (Bogor) pada tanggal 03-07 April 2018. Kegiatan workshop ini diikuti oleh 63 peserta dari 40 UPT lingkup Balitbangtan.

Acara dibuka oleh Ir. Wahid Bambang Gunawan, M.Si (Kabag Kepegawaian, Sekretariat Balitbangtan). Dalam arahannya beliau menyampaikan amanat dari Sekretaris Balitbangtan (Dr. Muhamad Prama Yufdi) yang berharap semakin banyak laboratorium lingkup Balitbangtan yang terakreditasi dengan adanya program akselerasi akreditasi laboratorium. Laboratorium yang terakreditasi diharapkan akan memberikan data akurat dan presisi yang akan diaplikasikan dalam kegiatan penelitian untuk kemajuan para petani. Hal ini sesuai dengan misi Balitbangtan, menjadi lembaga pertanian terkemuka penghasil teknologi dan inovasi pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Salah satu laboraturium yang berada dibawah Balitbangtan adalah laboratorium pengujian Balittri yang telah terakreditasi dari tahun 2016. Laboratorium pengujian Balittri akan mengupgrade dokumen mutunya dari ISO 17025:2008 menjadi ISO 17025:2017 sesuai dengan arahan tim KAN. Selain sosialisai ISO, dalam workshop juga diberi pelatihan membuat Validasi Metode dan Audit Internal yang dilakukan di laboratorium Balai Penelitian Tanah dan laboratorium Balai Besar Pasca Panen (Bogor).

Masih dalam rangkaian workshop, peserta workshop juga berkesempatan mengunjungi even Lab Indonesia untuk melihat pameran alat-alat laboratorium dan seminar yang diselenggarakan Lab Indonesia untuk menambah wawasan dan pengetahuan para peserta yang sebagian besar adalah para pranata lab/laboran/analis. Diharapkan dengan seluruh rangkaian acara yang telah diikuti ini juga dapat memberikan dampak dan manfaat dalam mengupgrade dokumen mutu laboratorium pengujian Balittri dari ISO 17025:2008 menjadi ISO 17025:2017. (Setty Utami)