Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
SKM
satu-layanan
WBK
TV-TANI
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 34 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 759370
Robusta Pagar Alam: Kopi yang Siap Mendunia dengan Varietas Unggul Baru PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Senin, 16 April 2018 14:30

Potensi kopi robusta Pagar Alam sudah terkenal ke seluruh pelosok negeri, bahkan sampai manca negara. Namun, keterkenalan ini bukanlah suatu brand akhir dan menjadi tidak berarti, jika tidak ada sentuhan para pemerhati, peneliti dan orang-orang yang peduli untuk mengangkat potensi genetik tersebut menjadi suatu yang ekslusif dan tentunya sebuah rekognasi dari seluruh pelosok negeri dan bahkan dunia, sehingga kopi robusta Pagar Alam punya "kepemilikan diri" (sidik jari) yang pastinya tidak akan bisa diakui oleh wilayah lain.

Terobosan dan langkah yang dilakukan untuk maksud di atas adalah dengan menjalin kerjasama terkait dengan Pemerintah Daerah Sumatera Selatan (Dinas Perkebunan Provinsi) dan Dinas Pertanian Kota Pagar Alam. 2018 adalah tahun ketiga jalinan kerjasama tersebut. Banyak yang telah dilakukan termasuk diantaranya pengamatan morfologi, data produksi, serta data pendukung lainnya bahkan sampai analisa tingkat DNA dan semua yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan dalam sidang pelepasan varietas unggul baru (VUB).

Tim Balittri yang dipimpin langsung oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D beserta peneliti dan teknisi, yaitu Ir. Handi Supriadi, Dani, M.Sc. dan Januar Firmansyah, SP. Melakukan pengamatan dan pengumpulan data lebih detail untuk persiapan pendaftaran varietas dan juga sebagai bahan untuk proposal pelepasan varietas nanti. Sementara dari Dinas Pertanian Kota Pagar Alam ikut memdampingi adalah Rudianto, SP., dan Ronaldo, SP. dengan melibatkan petani-petani pemilik kebun kopi yang terseleksi. Performa klon-klon terpilih menunjukkan tampilan yang sangat bisa diandalkan untuk nantinya dibawakan dalan sidang pelepasan varietas. Sementara data produksi masih menunggu waktu panen sekitar bulan Juni.

Usaha bersama untuk mengangkat dan memajukan kopi robusta Sumatera Selatan dapat dilakukan tanpa banyak halangan yang berarti. Semoga 2018 adalah menjadi tahun sejarah bagi kopi robusta Pagar Alam untuk dapat dicanangkan sebagai VUB yang diputuskan oleh SK Menteri Pertanian, dan mengawali kebangkitan kembali kopi robusta Sumatera Selatan. Hopefully!


 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });