-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG
Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837766
Seminar Sequencing Technologies Provide by Macrogen to Support the IAARD Researches PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Ajijah   
Rabu, 18 April 2018 07:49

Perkembangan penelitian molekuler dewasa ini semakin pesat. Manfaat nyata telah dirasakan dalam berbagai bidang penelitian, misalnya kesehatan, biologi, pertanian dan banyak lagi. Berbagai temuan spektakuler diawali oleh penelitian berbasis bioteknologi, sehingga para scientist terus mengupayakan keterkinian alat-alat moderen untuk digunakan dalam berbagai disiplin ilmu dan kepakaran.

Memasuki era genomic dan trancriptomic BB-Biogen menyelenggarakan seminar dengan tajuk Sequencing technologies provide by Macrogen to support the IAARD researches pada hari Kamis (12 April 2018). Seminar yang dihadiri oleh para peneliti lingkup Balitbangtan, diantaranya dari perwakilan BB Pasca Panen, BB Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP), ), BB Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbang Hortikultura) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) yang diwakili oleh peneliti dari Balittri, Dr. Nur Ajijah, SP., M.Si.

Pada kesempatan tersebut hadir dua pembicara perwakilan dari Microgen Inc. Korea Selatan, yaitu Mr. San Kim dan Mr. Eunsik James Kim yang memaparkan beberapa technologi sequencing yang telah dikembangkan di perusahaannya baik untuk manusia, tanaman, hewan maupun mikroba. Beberapa technologi sequencing yang ditawarkan berikut jasa analisisnya adalah: Whole genom sequencing (de novo sequencing), trancriptome sequencing (diantaranya trancript expression analysis),  epigenome sequencing (mengkarakterisasi perbedaan pola methilasi),  Long Read Sequencing, dan Metagenome sequencing.

Balitbangtan akan terus meningkatkan kemampuan para penelitinya, khususnya di bidang bioteknologi. Semoga ke depan Balittri juga dapat berperan aktif dan berkontribusi di dalam riset genomic ini. Semoga!

 

Artikel terkait