Penyampaian Kemajuan Penelitian Sebagai Wujud Tanggung Jawab Peneliti

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kegiatan dan anggaran penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Tahun Anggaran 2017, maka, Selasa (12/09/2017) bertempat di ruang rapat Puslitbang Pekebunan diadakan acara monitoring dan evaluasi guna melihat kemajuan pelaksanaan kegiatan penelitian oleh masing-masing peneliti penanggung jawab. Acara ini dipandu oleh Kepala Bidang Progam dan Evaluasi Puslitbangbun, Dr. Rustan Massinai,  dan dibuka oleh Bapak Kepala Puslitbang Pekebunan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si.

 

Pada acara ini ditampilkan kemajuan dari 11 judul kegiatan penelitian komoditas perkebunan diantaranya kegiatan penelitian mengenai pemanfaatan teknik kultur in vitro tebu, pengembangan benih unggul tebu, keragaman genetik tebu toleran kekeringan melalui induksi mutasi, pengembangan tanaman kemiri sunan, model pengembangan bioindustri kemiri sunan dan sorgum manis, pendugaan potensi biomassa perkebunan, analisis kebijakan perkebunan, teknologi budidaya tanaman lada di beragam ekosistem, dan penelitian tentang kopi (Bisang) arabika Luwu.

Pada kesempatan acara tesebut, tim peneliti dari Balittri yang dipimpin oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D  menyampaikan progress kemajuan penelitian tentang kopi (Bisang) arabika Luwu, Sulawesi Selatan.  Pada penelitian ini dipaparkan secara lengkap  kemajuan tentang hasil analisa molekuler kopi arabika luwu (Kopi rege, kopi remaja, dan kopi dulu), beserta analisa mikrobiologis dan enzimatik dari saliva hewan bisang (Artictis binturong) endemik  pegunungan Latimojong, Luwu,  yang telah behasil diidentifikasi.  Dari hasil penelitian ini sangat dinantikan menjadi produk unggulan baru, baik varietas unggul kopi maupun produk  starter sebagai agen meningkatkan cita rasa kopi specialty. Selanjutnya, Bapak Kapuslitbang Perkebunan menyampaikan apresiasi yang sangat baik terhadap kemajuan-kemajuan iptek yang telah dihasilkan selama penelitian di tahun anggaran ini.

 

Highlights



Pengunjung

We have 36 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1047471

Kunjungan

Hari IniHari Ini418
KemarinKemarin1131
Minggu IniMinggu Ini3512
Bulan IniBulan Ini22515
TotalTotal38708
IP Anda : 44.211.22.31

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com