-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837749
Postdoctoral Program: Pengayaan Knowledge SDM Balitbangtan ke Ibaraki University, Jepang PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Ajijah   
Rabu, 25 April 2018 07:56

Dalam rangka peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya jabatan fungsional peneliti,  Balitbangtan memberikan kesempatan besar untuk mengikuti program post doctoral bagi para lulusan doktor dengan berbagai bidang kepakaran. Salah satunya adalah peneliti dari Balittri Dr. Nur Ajijah, SP., M.Si yang baru saja menyelesaikan program post doctoralnya di Ibaraki University, Japan.

Dr. Nur Ajijah, SP., M.Si menyelesaikan program postdocnya selama tujuh bulan mulai 29 Agustus 2017 dan selesai 31 Maret 2018.  Selama periode tersebut yang bersangkutan menyelesaikan penelitian dengan topik "In Vitro and Molecular Analysis of Cacao (Theobroma cacao L.) Under High Temperature Stress" di bawah bimbingan Prof. Eiichi Inoue dari Laboratory of Horticultural Science, College of Agriculture, Ibaraki University.

Dr. Nur Ajijah, SP., M.Si meneliti pengembangan metode seleksi in vitro untuk cekaman suhu tinggi pada kakao dan analisis ekspresi gen-gen fotosintesis dan heat shock protein pada kondisi cekaman suhu tinggi pada kakao. Kegiatan penelitian ini mendapat apresiasi dari pembimbingnya karena menunjukkan hasil yang sangat baik.

Selain pelaksanaan kegiatan, Dr. Nur Ajijah, SP., M.Si juga menghadiri konferensi “The Japanese Society for Horticultural Science Conference” selama dua hari yang berlangsung di Nara, Jepang.  Konferensi yang menghadirkan lebih dari 400 penyajian makalah oral dan poster ini sangat memberi inspirasi dan wawasan mengenai hasil-hasil penelitian di bidang pertanian di Jepang selama ini, termasuk di antaranya komoditas mandat Balittri yaitu kopi.

Dimasa mendatang diharapkan dapat terjalin kerjasama yang lebih lanjut antara Balitbangtan khususnya Balittri dengan Ibaraki University. Kerjasama ini tidak hanya terbatas khusus untuk program postdoc namun terbuka luas untuk berbagai hal seperti penerimaan peneliti untuk melanjutkan studi dalam berbagai strata ilmu, sharing topik penelitian dan juga perlengkapan/peralatan penunjang kegiatanpenelitian agar para peneliti dapat menghasilkan inovasi dan teknologi pertanian yang berguna bagi masyarakat.

 

Artikel terkait