-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837802
Memupuk Semangat dan Kompetensi Pustakawan Kementerian Pertanian PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Intan Nurhayati   
Sabtu, 21 April 2018 07:23

Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pustakawan dalam melaksanakan pengelolaan perpustakaan, Balittri mengirimkan pustakawannya , Intan Nurhayati, dalam kegiatan  Temu Teknis Pegelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian yang diinisiasi oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA).  Kegiatan Temu Teknis tahun 2018 ini mengusung tema "Kompetensi Pustakawan Mendukung Kinerja Pembangunan Pertanian",  diselengarakan pada Selasa-Jum’at, 10-13 April 2018 di Hotel Sahid Batam Batam, Kepulauan Riau yang diikuti oleh 108 orang pustakawan/pengelola perpustakaan dari UK/UPT Kementerian Pertanian.

Acara dibuka oleh Kepala PUSTAKA, Ir. Gayatri K. Rana, M.Si. yang  menyampaikan berbagai  program yang telah dilakukan oleh PUSTAKA dalam upaya peningkatan SDM pengelolaan perpustakaan maupun pengembangan teknologi informasi untuk mendukung diseminasi informasi pertanian, baik yang berbasis web maupun android, diantaranya Simpertan, Repositori , iTani dan yang terakhir adalah Agropedia.  Ka PUSTAKA mengharapkan bahwa berbagai inovasi dan informasi pertanian bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat.

Kegiatan Temu Teknis sarat dengan berbagai materi yang bermanfaat untuk pengembangan kompetensi pustakawan dan disampaikan oleh para pakar di bidangnya.  Di antaranya Penulisan Karya Ilmiah oleh Prof. Dr. Supriadi , M.Sc. (Balittro) yang dilanjutkan dengan sesi praktek.  Selain itu ada sesi sosialisasi aplikasi Simpertan dan iTani yang disampaikan oleh Dr. Bambang S. Sankarto dari PUSTAKA dan juga mengundang motivator Febria Fajri untuk menggugah semangat pustakawan, serta success story beberapa pustakawan Lingkup Kementerian Pertanian yang berhasil meraih juara pustakawan berprestasi tingkat nasional dan pustakawan utama dari PUSTAKA.

Sebagai rangkaian dari kegiatan Temu Teknis ini adalah kunjungan ke National Museum of  Singapore dan Central Public Library di Singapura.  Di museum nasional Singapura, peserta tampak begitu sumringah berkesempatan melihat perjalanan sejarah Singapura hingga seperti sekarang ini. Sedangkan di Perpustakaan Nasional Singapura, rombongan diterima oleh empat orang staff  (Mr Mazelan Anuar, Mr Juffri Supaat, Ns Hameedah M. Ibrahim, dan Ms Janice Ow) yang kemudian memandu peserta mengenal lebih dekat perpustakaan nasional negara tetangga tersebut.     Uniknya, koleksi berbahasa Melayu disana, terutama dalam bidang agama Islam, sebagian besar merupakan terbitan Indonesia, seperti dijelaskan oleh pustakawannya bahwa volume terbitan berbahasa Melayu di Singapura memang lebih kecil dibanding dengan Bahasa Inggris. Di akhir kunjungan, Ka PUSTAKA menyerahkan cinderamata kepada pihak Perpustakaan Nasional Singapura yang diwakili oleh Miss Janice Ow.

Acara berakhir di hari keempat yang kembali ditutup oleh Ka PUSTAKA.  Diharapkan penyelenggaraan kegiatan Temu teknis ini bisa memupuk semangat dan kompetensi para pustakawan untuk lebih giat berkontribusi pembangunan pertanian di Indonesia, khususnya dalam upaya penyebaran berbagai informasi dan inovasi pertanian agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Artikel terkait