Pengembangan Industri pada Sektor Kopi dan Kakao: Perspektif dari Rantai Nilai Global

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Dalam upaya meningkatkan peran serta dan sharing Indonesia di dalam global value chains, pada hari Selasa (28/8) Kementerian Perdagangan dalam hal ini Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri bekerjasama dengan Canada-Indonesia Trade and Private Sector Assistance Project (TPSA) menyelenggarakan Forum Diskusi bertajuk "Pengembangan Industri dan Rantai Nilai Global: Pelajaran dari Sektor Kopi dan Kakao" bertempat di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Pertemuan dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai kalangan mulai dari Asosiasi Exportir Kopi Indonesia, Asosiasi Industri Kakao Indonesia, Asosiasi Exportir Kakao Indonesia, para peneliti dari ACIAR, perguruan tinggi, perwakilan dari pemerintahan hingga peneliti dari Balittri Dr. Nur Ajijah, M.Si yang hadir sebagai undangan. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri Djatmiko Bris Witjaksono, SE., MSIE. Turut memberikan sambutan Senior Development Officer Kedutaan Besar Kanada Novi Anggraeni dan Project Manager TPSA Said Fauzan Baabud.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Dr. Jeff Neilson (University of Sydney) dan Dr. Angga Dwiartama (ITB) yang menyampaikan hasil risetnya bertajuk "Hilirisasi dan Industrialisasi Pada Sektor Kopi dan Kakao: Perspektif dari Rantai Nilai Global selanjutnya Dr. Arianto Patunru (The Australian National University) yang menyampaikan topik "Kebijakan Pertambahan Nilai Domestik dan Industrialisasi di Indonesia", serta Adhi S. Lukman (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) yang menyampaikan topik "Outlook/Visi Pengembangan Industri Kopi, Kakao serta Industri Pengolahan Lainnya”.

Beberapa poin yang dibahas dalam acara ini seperti permasalahan di dalam pengembangan industri dan perdagangan kopi dan kakao serta saran-saran upaya perbaikannya. Semoga dengan adanya diskusi bersama industri kopi dan kakao semakin dapat ditingkatkan lagi demikian juga dengan peran/sharing Indonesia di dalam global value chains sektor kopi dan kakao khususnya.

Highlights



Pengunjung

We have 51 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1047517

Kunjungan

Hari IniHari Ini437
KemarinKemarin1131
Minggu IniMinggu Ini3531
Bulan IniBulan Ini22534
TotalTotal38727
IP Anda : 44.211.22.31

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com