-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 897668
Gerakan #Bekerja Kementan : Solusi Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pertanian PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Selasa, 24 April 2018 07:43


Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau yang dipopulerkan dengan Bekerja adalah program baru pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan berbasis pertanian. Untuk merealisasikan program kerja tersebut tentu saja tidak hanya digawangi oleh Kementerian Pertanian, namun perlu dukungan berbagai pihak diantaranya Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan berbagai pihak terkait lainnya.


Program ini direncanakan untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia hingga mencapai 1 digit atau kurang dari 10% pada tahun 2018. Untuk memenuhi target tersebut, sebanyak 1000 desa di 100 kabupaten menjadi sasaran bidik pelaksanaan program Bekerja ini.


Dalam rangka launching program Bekerja, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama-sama dengan perwakilan satker dari kementerian terkait ikut hadir dalam acara pencanangan percepatan pengentasan kemiskinan yang diadakan di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur pada tanggal 23 April 2018. Pencanangan ini dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan 50 ekor ayam beserta kandang per Kepala Keluarga (KK) dan tidak lupa pakan ternaknya hingga 6 bulan ke depan. Sebanyak 10.000.000 ekor ayam telah disiapkan untuk dibagikan kepada 200.000 KK. Selain penyerahan ayam, juga dilakukan penanaman pohon jeruk, pisang, mangga, dan durian serta peninjauan ke Kawasan Rumah Pangan Lestari Kelompok Wanita Tani (KRPL KWT).


Ciri khas dalam setiap kunjungan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, adalah berdialog dengan para warga. Kali ini Mentan memberi motivasi kepada para penerima bantuan ayam. Mentan sangat berharap bahwa bantuan ternak dan tanaman buah-buahan ini selanjutnya dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh masyarakat sebagai sumber pendapatan yang berkesinambungan, sehingga harapan untuk mencapai masyarakat yang mandiri sejahtera dan pengentasan kemiskinan dapat terwujud.


 

Artikel terkait