-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805295
Pengenalan Varietas Tanaman Industri dan Penyegar PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Meynarti Sari Dewi Ibrahim   
Kamis, 03 Mei 2018 08:27

Provinsi Sumatera Utara dari dulu sampai sekarang sangat tersohor dengan hasil perkebunannya. Perkebunan di Provinsi ini dikelola oleh perusahahaan swasta, BUMN dan sebagian besar masih merupakan perkebunan rakyat. Perkebunan karet, kopi, kakao, kelapa sawit, teh, cengkeh, kelapa, kayu manis dan tembakau menyebar di  25 kabupaten dan 8 kota, dengan komposisi yang beragam.


Dalam rangka mendukung pengembangan tanaman perkebunan di Sumatera Utara, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan acara Sosialisasi Pengenalan Varietas Unggul Tanaman Perkebunan pada tanggal 26 - 27 April 2018. Pertemuan yang berlangsung di Hotel Grand Antares, Medan dihadiri oleh Kepala Bidang dan Kepala Seksi yang mewakili Dinas Pertanian dari 22 Kabupaten/Kota di Sumut, Pengawas Benih Tanaman (PBT) dari BBP2TP (Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan) Medan serta pejabat dan staf Dinas Perkebunan Provinsi Sumut. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Sumut Ir. Lies Handayani Siregar, MM., mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh narasumber yang telah menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Acara ini diharapkan dapat membuka wawasan para stakeholder tanaman perkebunan di wilayah kerja Provinsi Sumut.


Narasumber yang hadir untuk mengisi acara tersebut adalah perwakilan dari Balittri, Balitpalma dan Puslitbangbun serta Balai Karet Sei Putih yang dalam sesi presentasi  berkesempatan mengenalkan varietas tanaman perkebunan. Balittri yang diwakili oleh Dr. Meynarti Sari Dewi Ibrahim memperkenalkan varietas-varietas tanaman perkebunan binaan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo membawakan topik pengenalan, persiapan pelepasan varietas kelapa pandan wangi. Kabid KSPHP Puslitbang Perkebunan Ir. Jelfina C. Alouw Ph.D menyampaikan tentang Pengendalian hama dalam rangka persiapan pelepasan varietas, sedangkan Balai Karet Sei Putih, Sayurandi, SP. M.Si yang memaparkan tentang pengenalan klon karet unggul dan potensinya.



Semoga dengan seringnya peneliti  Balittri menjadi nara sumber di berbagai event, akan semakin dikenal masyarakat dalam semua lapisan, bukan cuma di lingkup kalangan yang bergerak dalam dunia pertanian, tapi menjangkau semua lini yang lebih komprehensif, sehingga akan dapat terintegrasi dalam mengambil satu keputusan untuk kemajuan pertanian Indonesia.


 

Artikel terkait