-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805439
Tertarik Mengembangkan Kemiri Sunan, Kepala Badang Litbang Kementerian ESDM Berkunjung ke Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah dan Tajul Iflah   
Jumat, 11 Mei 2018 09:19


Dalam rangka mengembangkan tanaman penghasil biodiesel, pengembangan energi baru dan terbarukan, Badan Layanan Umum Puslitbangtek Ketenagakerjaan, Energi Baru, Terbarukan dan Energi Konservasi (BLU-P3TKEBTKE) - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM  berkunjung ke Balittri pada hari Rabu, 9 Mei 2018. Rombongan yang diketuai oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangn (Litbang) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), F.X. Sutijastoto, bersama dengan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Yunus Syaifulhak bersama staf diterima langsung oleh Kepala Balittri di ruang kerjanya bersama staf peneliti ahli di bidang bioenergi Asif Aunillah dan Saefudin.

Kepala Badan Litbang ESDM  menjelaskan mengenai potensi pengembangan berbagai tanaman perkebunan sebagai sumber energi salah satunya adalah kemiri sunan. Badan Litbang ESDM sangat tertarik untuk berkerjasama lebih lanjut dengan Balittri sebagai institusi yang menginisiasi pengembangan tanaman kemiri sunan sebagai tanaman penghasil biodiesel.

Untuk memuaskan rasa penasaran rombongan juga diajak berkunjung untuk melihat pengembangan lahan kemiri sunan hingga instalasi pengolahan biodiesel yang berada di kawasan Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI). Selama kunjungan di kawasan Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI), rombongan  menyadari banyaknya inovasi tentang kemiri sunan mulai dari kelebihan masing-masing varietas unggul kemiri sunan yang telah dilepas, teknologi budidaya, hingga pengolahan menjadi biodiesel. Harapannya kunjungan ini menjadi inisiasi kerjasama antara Badan Litbang Kementerian ESDM dan Badan Litbang pertanian dimasa mendatang.


 

Artikel terkait