-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 4 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 776445
Peneliti Balittri Memotivasi Petani di Jawa Barat dalam Peningkatan Produktivitas Kopi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Jumat, 18 Mei 2018 08:11


Pengembangan tanaman kopi di Jawa Barat semakin meningkat namun produktivitasnya masih tergolong rendah yaitu hanya 800 kg/ha/tahun. Upaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman kopi di Jawa Barat, salah satunya dilakukan melalui bimbingan teknis budidaya (intensifikasi) kepada petani. di tujuh Kabupaten lingkup Jawa Barat yaitu Kabupaten Sumedang, Subang, Banding, Garut, Ciamis, Cianjur dan Pangandaran. Kegiatan bimbingan teknis di laksanakan pada tangggal 17 sampai 20 April 2018, kerjasama antara Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dengan Balittri. Narasumber yang di hadirkan pada kegiatan tersebut adalah Ir.Handi Supriadi dan Iing Sobari. S.P., keduanya berasal dari Balittri.

Materi yang disampaikan pada kegiatan bimtek tersebut adalah Praktek Budidaya Tanaman Kopi yang baik terutama ditekankan pada upaya intensifikasi (pemeliharaan) pada tanaman kopi yang sudah eksis di lapang.  Upaya intensifikasi yang disampaikan terdiri dari pengendalian gulma, pemangkasan (pangkas bentuk dam pemeliharaan), pemupukan berimbang dan pengendalian OPT secara kultivasi, serta konservasi tanah dan air (pembuatan rorak).  Pada kegiatan tersebut Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan kepada petani berupa saprodi dan upah tenaga kerja.

Dari hasil diskusi terungkap bahwa petani kopi di Jawa Barat umumnya belum sepenuhnya menerapkan teknik budidaya kopi sesuai GAP, terutama dalam hal pemangkasan dan pemupukan. Kondisi tersebut menyebabkan produktivitas tanaman kopi masih rendah yaitu hanya berkisar 700 – 800 kg/ha/tahun. Dengan kegiatan bimtek diharapkan motivasi petani untuk menerapkan teknik budidaya kopi sesuai GAP semakin meningkat, sehingga produktivitas tanaman kopi dapat mencapai 1.000 – 1.500 kg/ha/tahun.


 

Artikel terkait