-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 806600
Bukti Nyata Sinergitas Kegiatan Balittri dan BPTP Aceh PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Selasa, 10 Juli 2018 07:50


Dalam rangka sinkronisasi kegiatan antara balit dan BPTP sesuai arahan Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS pada acara Padupadan Kegiatan Balitbangtan pada 16-18 April lalu, tim peneliti dari Balittri melakukan kunjungan ke BPTP Aceh pada hari Selasa (3 Juli 2018). Team peneliti Balittri yang dikoordinir oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian (Kasie Yantek dan Jaslit) Dr. Ir. Samsudin, M.Si diterima langsung oleh Kepala BPTP Aceh Ir. M. Ferizal, M.Sc dan Penanggung Jawab kegiatan  pengelolaan sumber daya genetika Mehran, SP., MS.


Kasie Yantek dan Jaslit menyampakan bahwa koleksi plasma nutfah kopi arabika yang ada di Kebun Percobaan (KP) Gayo merupakan koleksi terlengkap di dunia. Hanya saja koleksi tersebut belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Terlebih lagi semakin banyaknya pengunjung dari luar negeri yang datang ke KP Gayo dikhawatirkan akan mengambil plasma nutfah tersebut secara ilegal. Untuk itulah diperlukan kerjasama yang mensinergikan program kegiatan Balittri sebagai lembaga penelitian yang mendapat mandat komoditas kopi dan BPTP Aceh sebagai lembaga pengelola KP Gayo. Pada tahun 2018 ini minimal ada tiga kegiatan penelitian yang dilakukan Balittri terkait kopi arabika Gayo, yaitu: percepatan pelepasan varietas kopi arabika gayo, evaluasi mutu dan ketahanan terhadap hama penggerek buah kopi dan penyakit karat daun pada plasma nutfah kopi arabika Gayo dan rancang bangun sistem pakar diagnosa hama dan penyakit kopi arabika berbasis gawai. Sinergitas kegiatan antara Balittri dan BPTP Aceh ini diharapkan akan menghasilkan inovasi teknologi terkait kopi arabika Gayo yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.


Setelah mendengar pemaparan yang disampaikan oleh ketua rombongan Balittri, kepala BPTP Aceh Ir. M. Ferizal, M.Sc menyambut dengan tangan terbuka niat baik Balittri. Beliau menyatakan sangat berterimakasih atas kunjungan yang dilakukan Balittri karena kegiatan ini juga mendukung salah satu kegiatan yang ada di BPTP Aceh, yaitu pengelolaan sumber daya genetika dibawah penanggungjawab kegiatan Mehran, SP.,MS. Secara spontan, kepala BPTP Aceh juga menugaskan stafnya untuk ikut serta ke lapangan untuk memastikan rombongan Balittri dapat menjalankan kegiatan tersebut sesuai rencana. Kedua belah pihak juga sangat optimis sinergitas kegiatan ini akan berdampak langsung dalam pengelolaan kegiatan penelitian yang lebih efesien dan efektif sehingga tujuan akhir bisa diperoleh sesuai harapan.


 

Artikel terkait