-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899964
FGD Sinergi Riset dan Inovasi pada Era Industri 4.0 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah   
Senin, 16 Juli 2018 07:40

Selasa,  10 Juli 2019, Komisi Teknis Energi dan Komisi Teknis Pangan dan Pertanian - Dewan Riset Nasional (DRN) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Sinergi Riset dan Inovasi pada Era Industri 4.0 untuk Mendukung Ketahanan Energi dan Pangan di Ruang Pertemuan Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM. Bertempat di ruang Ruang Rapat Gd. Pendukung, LT.4 Puslitbang Teknologi Minyak dan Gas Bumi (LEMIGAS), Cipulir - Jakarta Selatan.


FGD dibuka oleh Wakil Ketua DRN, Prof Sudharto P. Hadi, mewakili Ketua Dewan Riset Nasional. Dalam sambutannya beliau berharap hasil pada FGD ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk sidang paripurna DRN pada Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yang rencananya dilakukan bulan mendatang.


Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TEK), Yunus Saefulhaq, mewakili Kepala Badan Litbang ESDM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan potensi terbarukan di Indonesia mulai dari energi panas bumi, surya, angin, dan biomassa. P3TEK sebagai badan layanan umum telah melakukan berbagai penelitian yang bekerja sama dengan perguruan tinggi dan swasta. Diantaranya pengembangan dimethyl ether sebagai pengganti gas alam dan tumpang sari tanaman sorgum dengan kemiri sunan.


Acara dilanjutkan pemaparan tentang :

  1. Program pengambangan Bioenergi oleh Dr. Ir. Faridha, M.Si
  2. Konsep dan Strategi Bioindustri Perkebunan 4.0 mendukung program Bioenergi oleh: Dr. Ir. Agus Wahyudi,
  3. Strategi Percepatan Elektrifikasi Desa Terpencil Dengan Energi Biomassa Oleh: Ir. Jaya Wahono, MSc
  4. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Industri Energi Indonesia Dalam Menunjang Era Industri 4.0 Oleh: Dr. Aswin Sasongko
  5. Teknologi dan Metode produksi aviation biofuel Oleh: Ir. Wendy Aritenang, Ph.D
  6. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Akibat Kebijakan Penggunaan Bioenergi Dan Pangan Berbasis Industri 4.0. (Aspek Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Etika Kemasyarakatan) Oleh: Dr. Lala Kolopaking
 

Artikel terkait