-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
perpus_digital
Ejurnal
Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 35 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 777070
Momentum untuk Satukan Persepsi tentang Kopi Arabika Ateng Super PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Selasa, 17 Juli 2018 07:35


Gaung kultivar kopi Arabika Ateng Super yang kian kencang akhir-akhir ini menarik perhatian banyak pihak, baik dari perguruan tinggi, lembaga riset, pemerintahan pusat dan daerah, hingga pelaku usaha. Wacana agar kultivar Ateng Super diusulkan dilepas sebagai varietas unggul pun kemudian mengemuka. Namun, dalam proses mewujudkan wacana tersebut masih dilakukan secara parsial oleh masing-masing pihak. Belum terjalin komunikasi yang baik antar para pihak untuk menyamakan persepsi mengenai kultivar Ateng Super. Untuk itu, para pihak tersebut perlu duduk bersama untuk membahas langkah-langkah dan strategi yang diperlukan dalam kerangka persiapan pengusulan pelepasan varietas Ateng Super.

Diskusi awal antar para pemangku kepentingan yang digagas Kasie Yantek dan Jaslit Balittri, Dr. Ir. Samsudin, M.Si., diselenggarakan di Kebun Percobaan Gayo (Kamis, 7 Juli 2018). Duduk bersama dalam diskusi tersebut perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Dinas Pertanian Kabupaten Bener Meriah, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Balai Besar Proteksi dan Perbenihan Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh. Semua pihak menyampaikan pandangannya masing-masing terkait kopi Arabika Ateng Super.

Dani, S.P., M.Sc., selaku perwakilan dari Balittri, menegaskan bahwa semua pihak perlu memiliki persepsi yang sama. Untuk itu, perlu bersama-sama melakukan penelusuran asal-usul dan menyepakati karakter penciri spesifik kultivar kopi Arabika Ateng Super. Dengan demikian dapat diperoleh sinergi yang baik antar para pemangku kepentingan untuk mensukseskan rencana pengusulan pelepasan varietas kopi Arabika tersebut.


 

Artikel terkait