-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
Saber Pungli
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
WBS
PPID
Sigap UPG
pui-balittri
WBK
TV-TANI
SKM
Lapor.go.id
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1282624
Sumbangsih Badan Litbang Pertanian untuk Kemakmuran Petani Indonesia PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Jumat, 20 Juli 2018 10:51

Menjelang Rapim B yang dilakukan malam hari di Balitjestro, Malang (Senin, 16 Juli 2018), dilakukan rapat kerja (raker) di Aula Balai Penelitian Tanaman Serat dan Pemanis, Malang yang berlangsung sekitar 2 jam. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. M. Syakir, MS, dan dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang, para pejabat eselon 2, 3 dan 4 serta peneliti lingkup Balittas. Kepala Balittas membuka acara dengan memaparkan sarana dan prasarana yang ada, jenis kegiatan penelitian sampai kepada masalah perbenihan, dalam hal ini fokus pada perbenihan tebu yang menjadi tonggak perbenihan Balittas untuk APBNP 2017. Sarpras yang dimiliki meliputi laboratorium yang dibangun melalui proyek SMARTD dengan bangunan empat lantai dan sudah berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Arahan selanjutnya disampaikan oleh Sekretaris Badan, yang menyampaikan bahwa sikap kehati-hatian dan jujur. "Sekarang ini, pemeriksaan oleh pemeriksa itu sampai kepada kuitansi pembelian bensin dan bahkan resi tol" demikian disampaikan. Untuk itu, setiap rupiah yang dikeluarkan harus bisa dipertanggungjawabkan, karena anggaran penelitian berasal dari uang negara. Peneliti-peneliti yang kerjanya as usual, sudah tidak zamannya lagi. Setiap judul penelitian diharapkan dapat menghasilkan out put yang memberikan hasil dan nilai tambah untuk negara dan petani, yang tentu saja sangat membutuhkan teknologi yang dihasilkan. Setiap ASN dituntut untuk patuh dan bekerja secara optimal, dengan kata lain tidak sekedar datang ke kantor dan cuma duduk santai tidak ada yang dikerjakan. ASN yang tidak produktif ini nantinya akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.


Kepala Badan, dalam sambutan dan arahannya menyampaikan rasa puas atas kinerja yang dicapai oleh setiap Unit Kerja lingkup Badan Litbang Pertanian, terutama untuk balai komoditas dan BPTP yang menjadi mitra dalam menjembatani inovasi  dan teknologi yang dihasilkan balai komoditas untuk disebarluaskan kepada para stake holders yang membutuhkan, dalam hal ini khususnya petani. Upaya memakmurkan petani ini menjadi fokus kerja bagi setiap balai penelitian, dan tentunya hal itu ada ditangan para peneliti, sehingga peneliti dituntut untuk lebih peduli terhadap penelitian yang dilakukan, semata-mata untuk kemakmuran petani. Selanjutnya Kabadan, meminta kepada balai komoditas untuk dapat menyediakan dan memberikan benih unggul secara gratis kepada petani. Hal ini pastinya disesuaikan dengan mandat setiap balit, lebih lanjut Kabadan mengharapkan untuk lebih fokus pada komoditas unggulan.


Pada malam harinya (pukul 19:00- selesai), dilanjutkan dengan Rapim B di ruang rapat Balitjestro. Diawali dengan makan malam bersama, acara yang dihadiri oleh semua peserta di raker Balittas minus peneliti.  Temanya lebih difokuskan pada bagaimana cara memajukan dan membuat Badan Litbang Pertanian ini semakin eksis dan menjadi tampuk kemajuan teknologi di lingkup Kementerian Pertanian. Semoga semangat ini akan menjalar ke setiap sendi dan nadi para peneliti dan ASN secara keseluruhan, sehingga untuk mencapai komitmen tersebut tidak terlalu sulit. Bersama kita bisa!