-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
perpus_digital
Ejurnal
Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 43 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 777077
Forum Koordinasi Unit Pelaksana Teknis Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2018 Untuk Wujudkan e-Goverment PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Diah Ayu Rahmawati   
Minggu, 22 Juli 2018 18:15

Pencapaian program dan kegiatan pembangunan pertanian diyakini dapat direalisasi secara cepat, tepat dan menyeluruh dengan dukungan penerapan e-government. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran aktif secara konsisten dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebagai pelaksana operasional dan pendukung Kementerian Pertanian melalui kerjasama dengan pemerintah daerah. Oleh sebab itu diperlukan koordinasi dan konsolidasi secara berkesinambungan untuk menyelaraskan dukungan penerapan e-goverment terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan pertanian.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian menyelenggarakan Forum Koordinasi Unit Pelaksana Teknis Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2018 dengan mengangkat tema “Meningkatkan Peran UPT Dalam Mewujudkan Penerapan e-Government di Bidang Kelembagaan, Ketatalaksanaan, Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Publik”. Kegiatan dihadiri oleh ± 200 peserta yang terdiri dari perwakilan 159 UPT lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia.

Acara dimulai dengan Laporan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian Drs. Abdul Halim, M.Si. Dalam laporannya menjelaskan bahwa dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan konsolidasi antar UPT lingkup Kementerian Pertanian dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan pertanian dengan menerapkan e-government sehingga meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Ir. Syukur Iwantoro, M.S., M.B.A., dalam sambutan dan arahannya kepada seluruh peserta yang hadir mengatakan bahwa  “Dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan tuntuan masyarakat”. Beliau juga mengharapkan dengan terselenggaranya kegiatan forum koordinasi ini, UPT lingkup Kementerian Pertanian dapat melakukan akselerasi dalam penerapan e-government di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan, sumber daya manusia dan pelayanan publik.

Forum Koordinasi ini berlangsung pada tanggal 15 – 17 Juli 2018 bertempat di Bogor. Kegiatan diisi dengan berbagai pembahasan materi dan diskusi mengenai Rancang Bangun Kelembagaan Pemerintah Tahun 2019 – 2024, Implementasi Reformasi Birokrasi pada Kementerian/Lembaga dan Inovasi Pelayanan Publik  pada Kementerian/Lembaga yang disampaikan oleh narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, materi mengenai Manajemen Peningkatan Peningkatan Disiplin, Etika dan Kinerja ASN disampaikan oleh narasumber dari Badan Kepegawaian Negara, dan materi mengenai Implementasi e-Government pada Biro Organisasi dan Kepegawaian.