-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837677
Balittri Mantapkan Pengkajian Penelitian Kopi (Bisang) Latimojong, Luwu, Sulawesi Selatan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Senin, 23 Juli 2018 08:30

Pegunungan Latimojong dengan puncak tertingginya mencapai > 3.400 m dpl, terletak di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan menyimpan potensi geografis yang sangat tinggi sehingga mendukung daerah ini menjadi kawasan agrowisata yang mendatangkan kesejahteraan melalui peningkatan nilai tambah bagi masyarakatnya. Geliat potensi  yang mulai muncul beberapa tahun belakangan ini adalah potensi kopi Arabika di Desa Boneposi, Ulusalu, Tibussang, dan Lambanan.

Pertanaman Kopi Arabika di Wilayah pegunungan Latimojong berada pada ketiggian > 1.000 m dpl dengan curah hujan rata-rata > 2.000 mm per tahun. Namun, budidaya dan pengolahan pasca panen kopi Arabika oleh petani di empat desa tersebut pada umumnya masih belum menerapkan teknologi anjuran sehingga produktivitas dan mutu hasilnya belum optimal sehingga perlu dilakukan bimbingan penerapan teknologi yang lebih maju.

Dalam rangka mengkaji lebih mendalam sekaligus menjawab keraguan tentang Kopi (Bisang) Latimojong, Tim Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) melalui kegiatan penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) bersama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Luwu (18-21/07-2018), berhasil mengkaji lebih dalam potensi tiga varietas kopi (Kopi Rege, Remaja, dan Dulu), dan mengidentifikasi hewan langka Artictis binturong yang dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai hewan Bisang, serta melakukan pengujian stater fermentasi hasil penelitian di laboratorium Balittri yang mengandung agensia mikrobiologis dan enzimatik berbasis saliva hewan bisang (A. binturong) endemik  pegunungan Latimojong, Luwu sebagai peningkat mutu cita rasa kopi. Dalam kegiatannya, Tim Peneliti dibantu masyarakat sekitar juga berhasil menemukan kembali hewan Bisang (A. binturong) yang dianggap langka dan muntahan biji kopi hasil secara natural diproses oleh hewan tersebut.