-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Sigap UPG
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Lapor.go.id
PPID
SKM
Saber Pungli
satu-layanan
perpus_digital
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 844217
Peran Serta Balittri dalam Rapat Koordinasi Persiapan Program #BEKERJA Provinsi Jawa Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Kurnia Dewi Sasmita   
Selasa, 31 Juli 2018 07:58

Tim Program #BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) menyelenggarakan Rapat koordinasi Persiapan Program Bekerja Provinsi Jawa Barat pada hari Senin tanggal 30 Juli 2018 di Ruang Rapat Puslitbang Peternakan. Rapat dipimpin oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Dr. Ir. Atien Priyanti Sudarjo Putri) dengan mengundang Kepala Pusat dan Kepala Balai Besar lingkup Balitbangtan/perwakilannya, Kepala Balai Besar lingkup Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan/perwakilannya, dan Kepala Balai lingkup Balitbangtan, serta tim pendamping Program Bekerja Puslitbangnak. Tim dari Balittri yang hadir dalam acara ini adalah Kepala Balai (Ir. Syafaruddin, Ph.D), tim peneliti (Dr. Kurnia Dewi Sasmita), dan tim teknisi (Dadan Iskandar).

Ada 5 agenda yang disampaikan dalam acara ini yaitu: 1) Tim teknis/pendamping/pelaksana, 2) Hasil verifikasi RTM, 3) Progres pengadaan dan distribusi bibit/saprodi, 4) Bimtek TKSK/TKSD (TOT) dan RTM, 5) Pengawalan/pendampingan. Susunan tim Program #BEKERJA dari Balitbangtan adalah Sekretaris Badan Litbang Pertanian sebagai Ketua Pelaksana, dengan penanggungjawab wilayah Jawa Barat adalah Kepala Puslitbang Peternakan. Penanggungjawab masing-masing kabupaten di Jawa Barat adalah: Kepala Puslitbang Peternakan (Kab. Indramayu), Kepala Puslitbang Hortikultura (Kab. Cirebon), Kepala Puslitbang Perkebunan (Kab. Garut), Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (Kab. Tasikmalaya), Kepala Balai Penelitian Ternak (Kab. Cianjur). Masing-masing wilayah akan didampingi oleh Tim dari Ditjen PKH.

Tim Program #BEKERJA telah melaksanakan verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) calon penerima bantuan, secara serentak dari tanggal 30 Juni – 11 Juli 2018. Verifikasi dilakukan berdasarkan database RTM yang telah direlease oleh Kementerian Sosial berdasarkan Keputusan Menteri Sosial No.57 tahun 2017 tentang Penetapan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin. Verifikasi ini dilaksanakan oleh UK/UPT Badan Litbang Pertanian bersama dengan: 1) Eselon I lainnya (Ditjen Hortikultura dan Ditjen Perkebunan), 2) Dinas terkait Kabupaten (Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, Dinas Peternakan), 3) Petugas Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan 4) Aparatur perangkat desa yang ditunjukan oleh TKSK.

Tim Program #BEKERJA dari Puslitbang Perkebunan telah melaksanakan tugas verifikasi RTM di kabupaten Garut dengan jumlah RTM sebanyak 12.376 (56 desa). Tim #BEKERJA dari Balittri mendapatkan tugas untuk memverifikasi data di wilayah Kec. Sukaresmi, Kab. Garut. Verifikasi RTM dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu: 1) workshop verifikasi on desk oleh TKSK dan aparatur desa di Kantor Dinas Kabupaten terkait, 2) Kunjungan lapangan dan wawancara langsung dengan RTM yang meragukan (dipilih sekitar 7.5-10% dari total jumlah RTM). Hasil verifikasi RTM di provinsi Jawa Barat menjumpai bahwa dari total 43.415 RTM, sebanyak 4.223 (9.7%) RTM tidak memenuhi syarat sebagai penerima bantuan.

Persiapan pengadaan bibit telah dilakukan melalui beberapa pertemuan tim pengadaan Satker dengan Direktur LKPP dan Inspektur 3 untuk membahas mekanisme pengadaan barang. Pengadaan pakan ayam dan Vaksin/Obat/Vitamin dilakukan dengan cara Lelang (Umum/Cepat). Sehubungan dengan keterbatasan jumlah Lisensor dan produksi ayam KUB/Itik Master maka pengadaan bibit dilakukan dengan Penunjukan Langsung (Surat LKPP No. 6923/D.IV.1/07/2018 Tgl 20 Juli). Kemampuan suplai bibit ayam/itik jika dilaksanakan mulai akhir bulan Juli adalah sebanyak 2.160.900 ekor untuk distribusi di Jawa Barat, NTB, dan Lampung. Satuan Kerja Pengadaan telah dibagi berdasarkan lokasi, untuk Provinsi Jawa Barat pembagiannya adalah: Puslitbang Peternakan (Indramayu), Balitnak (Tasikmalaya dan Cianjur), dan BPTP Jabar (Lokasi Garut). Sampai saat ini telah disusun jadwal distribusi untuk bulan September, Oktober, Nopember dan Desember 2018.

Sebelum distribusi bantuan kepada RTM akan diadakan Bimbingan Teknis Training of Trainer (TOT) pada peserta dari TKSK, TKSD, dan Penyuluh Pertanian (Non PNS). Bimbingan ini dimaksudkan agar pendamping RTM mendapatkan pengetahuan dasar dalam beternak ayam/itik maupun budidaya tanaman. Lebih lanjut diadakan Bimbingan Teknis untuk RTM Penerima Bantuan yang dilaksanakan paling lambat 1-2 hari sebelum RTM menerima bantuan, yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh TKSK/TKSD/Penyuluh. Bimbingan TOT untuk tim di Kabupaten Garut akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2018, dan Bimbingan Teknis RTM akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Agustus 2018, dengan rencana distribusi sebanyak 7.350 bibit ayam untuk 147 RTM pada tanggal 9 Agustus 2018. Harapan semua pihak bahwa Program #BEKERJA ini dapat berjalan lancar dan sukses dalam mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan mewujudkan masyarakat yang  makmur sejahtera.

 

Artikel terkait