-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
perpus_digital
Ejurnal
Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 47 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 777081
Balittri Mengikuti Koordinasi dan Bimtek Pengelolaan Tukin Lingkup Kementerian Pertanian PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi dan Diah Ayu Rahmawati   
Rabu, 08 Agustus 2018 07:45

Sesuai pasal 6 ayat 1 PMK 80 Tahun 2017, Pembayaran tunjangan kinerja (TUKIN) harus dilakukan secara langsung ke rekening pegawai, Oleh karena itu untuk meminimalisir kesalahan pembayaran TUKIN langsung kepada pegawai, maka perlu adanya koordinasi dan Bimtek Pengelolaan Pertanggungjawaban TUKIN lingkup Kementerian Pertanian.

Koordinasi dan Bimtek Pengelolaan TUKIN Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan)  dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Makasar pada tanggal 30 – 31 Juli 2018.  Peserta yang hadir dalam acara tersebut sebanyak 172 orang yang berasal dari 2 Eselon I Kementan, yaitu : (1) Eselon I Badan Litbang beserta UPT Vertikal (sebanyak 64 UPT masing-masing UPT 2 orang) dan (2) Eselon I Badan PPSDMP beserta UPT Vertikalnya (Sebanyak 20 UPT dan masing-masing UPT 2 org.

Acara di  Buka oleh Kepala BPTP Sulawesi Selatan Dr. Ir. Abdul Wahid, MS  dan dilanjutkan dengan arahan yang disampaikan oleh Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementan yang diwakili oleh Ibu Komariah SE, MM selaku Kepala Sub Bagian Peneriamaan Negara Bukan Pajak.

Adapun materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut meliputi :

a. Mekanisme Pengelolaan Tunjangan Kinerja Pegawai Kementerian Pertanian

b. Mekanisme Pencairan Tunjangan Kinerja di Kementerian Pertanian

c. Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian

d. Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring Kehadiran Elektronik (SIM KEHADIRAN)

e. Koordinasi terkait Penentuan Rekening Bank (antara Eselon I dengan Satker UPT Vertikal).

Hasil  koordinasi dan bimtek pengelolaan tukin lingkup kementerian pertanian  adalah sebagai berikut :

1. Masalah yang sering dijumpai dalam pengelolaan TUKIN  diantaranya (1) Pertanggungjawaban (SPJ) TUKIN tidak disusun dan diarsipkan (2) kesalahan perhitungan pemotongan dan pajak TUKIN karena tidak adanya verifikasi, (3) kesalahan menetukan  grade pegawai (4) Perhitungan absensi masih secara manual sehingga sering terjadi kesalahan, (5) Ada Satker yang mencatat pengembalian/setoran TUKIN sebagai pendapatan Satker dimaksud; (6) Masih ada Satker yang belum mengetahui mekanisme penyetoran pengembalian TUKIN yang dikarenakan adanya temuan oleh aparat pengawas fungsional (Itjen, BPK dan BPKP); (7) Masih ada Satker/eselon I yang ada perubahan data pegawai belum melampirkan SK/surat keterangan (misal : SK pensiun, SK mutasi, surat keterangan meninggal dan lain-lain).

2. Mekanisme pembayan TUKIN bulan Agustus 2018  adalah sebagai berikut : Bendahara Biro Keuangan dan Perlengkapan mentransfer ke Rekening Bendahara Eselon I Kementan dan masing-masing Bendahara Eselon I, mentransfer ke Rekening pegawai lingkup unit kerjanya.  Semua pegawai Badan Litbang Pertanian harus menggunakan rekening Bank BRI.

3. Absensi seluruh Pegawai Kementan akan dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi SIM KEHADIRAN. Sampai saat ini terdapat 48 UK dan UPT yang sudah terintegrasi dengan SIM KEHADIRAN termasuk Badan Litbang Pertanian (Sekretariat, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan).

4. Pimpinan satker harus mendukung dan menegakan disiplin pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Artikel terkait