-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805356
Konvensi Nasional SKKNI : Bangun Sumber Daya Manusia Pertanian Berbasis Kompetensi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Cici Tresniawati   
Senin, 13 Agustus 2018 07:45

Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menyelenggarakan Konvensi Kaji Ulang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Pemilihan Bibit Tanaman Senin, (30/7) lalu. Cici Tresniawati, SP., M.Si berkesempatan hadir sebagai perwakilan dari Balittri. Acara yang diselenggarakan di Sahira Butik Hotel ini juga dibuka langsung oleh Sekretaris Badan BPPSDMP Dr. Andriko Noto Susanto, SP., MP.

 

Menurut Andriko Konvensi Nasional ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan bahwa hasil kaji ulang SKKNI ini akan ditetapkan menjadi SKKNI Produksi Benih Tanaman, yang diharapkan memiliki pengakuan dan keberterimaan secara nasional dalam suatu mekanisme yang obyektif, transparan, kredibel. SKKNI ini disusun dalam rangka khususnya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi.  “Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan SDM pertanian yang kompeten, profesional dan berdaya saing, yang antara lain dapat dilakukan melalui penyuluhan, pendidikan, pelatihan dan sertifikasi yang berdasarkan SKKNI dan KKNI”, lanjutnya.

Pembahasan rancangan SKKNI dipandu oleh Ir. Darmansyah Basyaruddin, M.Sc sebagai Anggota tim penyusun/perumus dan Ir. Munandar, MM sebagai Tim Komite.  Acara ini juga dihadiri oleh berbagai kalangan seperti, Birokrasi, Akademisi, Praktisi, Asosiasi dan stakeholder Perbenihan yang saling bersumbang saran dalam penyusunan dan penyempurnaan 20 unit kompetensi RSKKNI Bidang Pemilihan Bibit Tanaman untuk Pengembangbiakan. Hadir pula Prof. Dr. Ir. Memen Surachman yang bergerak dalam bilang Ilmu dan Teknologi Benih dari dan Dr. Ir. Untung Santoso yang bergelut dengan dunia kultur jaringan. Kedua bidang tersebut mengisi 20 unit kompetensi bersama-sama dengan kompetensi penghitungan pendapatan usaha produksi benih.

Pada akhir acara anggota forum menyetujui kaji ulang SKKNI Bidang Pemilihan Bibit Tanaman untuk Pengembangbiakan menjadi SKKNI Produksi Benih Tanaman dan langsung disampaikan kepada perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan untuk dapat segera ditetapkan menjadi SKKNI dan selanjutnya agar segera ditindaklanjuti dengan menjadikan KKNI.

 

Artikel terkait