-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 38 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805304
IPTEK Balitbangtan dalam Agro Inovasi Fair 2018 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Elsera Br Tarigan   
Rabu, 15 Agustus 2018 07:30

Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai pusat teknogi, informasi dan inovasi bidang pertanian termasuk perternakan maka diadakan Agro Inovasi Fair (AIF 2018). Acara AIF difasilitasi oleh Balitbangtan dalam hal ini Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) yang diselenggarakan dari tgl 8-13 Agustus 2018 bertempat di BPATP sendiri.


Perhelatan AIF bertujuan untuk mempromosikan inovasi pertanian terbaik dalam negeri guna membuka peluang kerjasama dan jejaring bisnis serta mendiseminasikan inovasi pertanian agar dapat segera dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Acara dibuka oleh Kepala BPATP yaitu Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si dan dihadiri oleh UK/UPT lingkup Balitbangtan berikut mitra palisensinya.


Agenda utama dari kegiatan ini adalah ekspo teknologi/klinik agribisnis yang menampilkan beragam inovasi teknologi hasil Balitbangtan. Gelaran lainnya berupa temu bisnis, bimbingan teknis serta layanan konsultasi teknologi Balitbangtan. AIF 2018 selain menyuguhkan inovasi pertanian hulu hilir Baltbangtan, acara juga mengikutsertakan para pelaku usaha, komunitas, wirausahawan muda, dan dinas terkait yang mengekspose teknologi bibit/benih, pupuk dan pestisida, alat dan mesin pertanian, urban farming hingga produk olahan.


Bimbingan teknis teknologi Balitbangtan yang digelar adalah pembuatan kue dari tepung pregelatinisasi ubi kayu, olahan pangan mendukung diversifikasi pangan, budidaya ayam KUB, teknologi budidaya padi modern, teknologi hidroponik serta bimbingan teknis kopi nusantara. Ketertarikan masyarakat akan pagelaran AIF 2018 ditandai dengan antusiasme masyarakat pada saat mengikuti bimtek.


Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu UK/UPT Balitbangtan turut serta dalam memeriahkan acara AIF 2018. Beragam produk dan teknologi unggulan Balittri ditampilkan seperti Kopi Liberoid Meranti, kopi Arabika, kopi Robusta, produk olahan kakao, biopestisida dan pupuk hayati. Tidak hanya itu, Balittri juga berperan dalam memberikan materi dalam acara bimtek kopi nusantara yang dalam hal ini dilakukan oleh Elsera Br Tarigan selaku peneliti Pascapanen Balittri. Balittri juga menyajikan seduhan kopi dan cokelat gratis untuk para pengunjung. Diharapkan dengan acara ini masyarakat dapat mengenal dan melihat langsung perkembangan IPTEK Balitbangtan serta dapat menjaring kerjasama antara pengusaha dengan Balitbangtan.


 

Artikel terkait