-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874822
Wahana Promosi Teknologi Balitbangtan Bernilai Kekayaan Intelektual Resmi Dibuka PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Jumat, 17 Agustus 2018 07:30

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berkarya untuk menghasilkan teknologi unggulan khususnya di bidang pertanian. Invensi bernilai kekayaan intelektual merupakan salah satu indikator pencapaian penciptaan teknologi. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, sebanyak 110 paten granted yang secara persentase mencapai 320 persen meningkat dibanding empat tahun sebelumnya yang hanya 34 paten. Balitbangtan merupakan lembaga penghasil paten granted terbesar di Indonesia, sesuai data resmi dari Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham (2017).


Balitbangtan senantiasa mendukung kegiatan penelitian, terutama yang fokus kepada penghasilan invensi untuk diarahkan kepada paten. Para peneliti juga mendapatkan suntikan semangat untuk menghasilkan teknologi unggulan, sehingga bisa diajukan dalam proses invensi bernilai hak kekayaan intelektual. Kemudian, temuan-temuan ini bisa dilisensikan, dimana telah banyak dilakukan jalinan kerjasama alih/lisensi teknologi dengan mitra usaha melalui BPATP.


Kegiatan untuk mempromosikan hasil temuan para peneliti yang memiliki nilai jual dan paten, tentunya memerlukan tempat khusus yang menarik para mitra usaha. Sejalan dengan itu, maka pada hari Senin (13/8/2018), telah diresmikan "wahana promosi teknologi Balitbangtan bernilai kekayaan intelektual" yang berlokasi di kantor BPATP, Bogor.  Wahana ini diresmikan oleh Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. M. Syakir, MS. Didampingi oleh Sekretaris Balitbangtan. Turut hadir Kapuslitbangbun, Kapuslitbangnak, Kapuslitbangtan, dan Kepala BB Pascapanen. Serta Kepala Balai lingkup Balitbangtan, diantaranya Balittri, Balithi, Balitsereal, BPTP DKI, BPTP Banten, dan tentunya BPATP.  Pembangunan wahana ini dimaksudkan untuk mempercepat invensi yang dihasilkan menuju inovasi yang pemanfaatannya dapat dirasakan oleh para stakeholders melalui sinergi dengan mitra usaha.


Wahana ini ke depannya diharapkan dapat menjadi tempat yang representatif dalam mempromosikan produk atau teknologi unggulan yang dihasilkan oleh para peneliti, yang selama ini selalu dilaksanakan di hotel berbintang. Selanjutnya, ekspektasi yang sama ditujukan kepada peneliti, supaya terus bersemangat untuk berkarya yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat luas.


 

Artikel terkait