-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874770
Konsistensi Peningkatan Mutu Layanan Melalui Aktualisasi Perancangan dan Penyusunan SOP Produksi Benih Kakao PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Kholis Firdaus   
Jumat, 31 Agustus 2018 07:30

Ciawi 28  Agustus 2018, telah diselenggarakan seminar aktualisasi bertempat di Pusat Pelatihan  Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Bogor. Seminar ini merupakan akhir dari serangkaian proses yang harus diikuti oleh Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan III Kementerian Pertanian, untuk menguji kompetensi nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) yang telah diterapkan dalam proses aktualisasi/habituasi di satuan kerja masing masing. Penerapan nilai-nilai tersebut diharapkan mampu mencetak ASN yang berkarakter, berintegritas dan profesional serta berkompeten. Dalam pelaksanaan aktualisasi selama 80 hari di satuan kerja, calon ASN dapat memberikan kontribusi positif  dalam menunjang capaian program.


Salah seorang staff Balittri yang turut serta dalam pelatihan dasar ini adalah Nur Kholis Firdaus, M.Sc. di bawah Mentor Ir. Syafaruddin Ph.D. (Kepala Balittri, Sukabumi), Coach Irfan Arif Dharma, S.Sos., MM serta penguji utama Iman Imanuddin SE.,MM.. Pelaksanaan aktualisasi selama off campus (80 hari) telah dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan mentor dan coach untuk pembentukan habituasi yang memiliki nilai positif dan mendukung tujuan institusi dalam pencapaian program. Tema yang diangkat adalah ” Perancangan dan penyusunan SOP produksi benih kakao di KP Pakuwon, Balittri”. Perancangan dan penyusunan SOP ini telah disetujui oleh mentor dan coach serta koordinator lapang produksi benih KP. Pakuwon, dalam upaya optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan benih kakao yang sedang diproduksi oleh Balittri. SOP atau acuan baku dalam produksi benih dilakukan demi konsistensi peningkatan mutu layanan institusi terhadap apa yang ingin dicapai.

Pemaparan hasil aktualisasi dilaksanakan di depan penguji dan coach serta mentor (diwakili oleh koordinator produksi benih kakao) Asif Aunillah, STP., M.Sc. bertempat di Kompleks Bumi PPMKP, Ciawi pada pukul 10:45 WIB. Acara dibuka oleh coach yang juga bertindak sebagai moderator, dilanjutkan dengan pemaparan hasil aktualiasasi selama 15 menit dan penguatan oleh mentor serta diskusi ringan dengan penguji. Penyaji menunjukkan kompetensi dalam penyajian hasil aktualisasi dengan bahan tayangan yang sistematis dan informatif. Penayangan beberapa bukti fisik SOP juga ditunjukkan untuk mewujudkan nilai nilai ANEKA yang dipaparkan. Coach, penguji, dan penyaji sangat puas dengan hasil proses aktualisasi. Penyaji merasa bangga atas beberapa pencapaian dalam kegiatan habituasi ini karena ada beberapa point: (1) penerapan nilai-nilai ANEKA membawa dampak positif pada setiap kegiatan berupa tercapainya kinerja yang lebih baik dan maksimal (2) berkontribusi terhadap penguatan nilai-nilai organisasi, serta (3) berkontribusi terhadap pencapaian program “Tahun Perbenihan” Kementerian Pertanian.


Di akhir diskusi, coach dan penguji menyampaikan selamat atas pencapaian penyaji.  “Kiprahmu baru akan dimulai, semoga ilmu dan nilai nilai ANEKA yang terpatri tidak luntur dan bisa ditularkan kepada teman teman di kantor” demikian tandas dan doa penguji.

 

Artikel terkait