-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874766
Pengembangan Industri pada Sektor Kopi dan Kakao: Perspektif dari Rantai Nilai Global PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Kamis, 06 September 2018 07:57

Dalam upaya meningkatkan peran serta dan sharing Indonesia di dalam global value chains, pada hari Selasa (28/8) Kementerian Perdagangan dalam hal ini Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri bekerjasama dengan Canada-Indonesia Trade and Private Sector Assistance Project (TPSA) menyelenggarakan Forum Diskusi bertajuk "Pengembangan Industri dan Rantai Nilai Global: Pelajaran dari Sektor Kopi dan Kakao" bertempat di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.


Pertemuan dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai kalangan mulai dari Asosiasi Exportir Kopi Indonesia, Asosiasi Industri Kakao Indonesia, Asosiasi Exportir Kakao Indonesia, para peneliti dari ACIAR, perguruan tinggi, perwakilan dari pemerintahan hingga peneliti dari Balittri Dr. Nur Ajijah, M.Si yang hadir sebagai undangan. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri Djatmiko Bris Witjaksono, SE., MSIE. Turut memberikan sambutan Senior Development Officer Kedutaan Besar Kanada Novi Anggraeni dan Project Manager TPSA Said Fauzan Baabud.


Hadir sebagai narasumber diantaranya Dr. Jeff Neilson (University of Sydney) dan Dr. Angga Dwiartama (ITB) yang menyampaikan hasil risetnya bertajuk "Hilirisasi dan Industrialisasi Pada Sektor Kopi dan Kakao: Perspektif dari Rantai Nilai Global selanjutnya Dr. Arianto Patunru (The Australian National University) yang menyampaikan topik "Kebijakan Pertambahan Nilai Domestik dan Industrialisasi di Indonesia", serta Adhi S. Lukman (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) yang menyampaikan topik "Outlook/Visi Pengembangan Industri Kopi, Kakao serta Industri Pengolahan Lainnya”.


Beberapa poin yang dibahas dalam acara ini seperti permasalahan di dalam pengembangan industri dan perdagangan kopi dan kakao serta saran-saran upaya perbaikannya. Semoga dengan adanya diskusi bersama industri kopi dan kakao semakin dapat ditingkatkan lagi demikian juga dengan peran/sharing Indonesia di dalam global value chains sektor kopi dan kakao khususnya.


 

Artikel terkait