-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805329
Temu Teknis Diversifikasi pada Tanaman Karet PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Rusli   
Kamis, 13 September 2018 07:30


Tanaman karet merupakan salah satu komoditas perkebunan yang penting sebagai sumber pendapatan petani, devisa non migas dan kesempatan kerja. Luas tanaman perkebunan karet rakyat Kabupaten Subang 128 ha dan produksi 60 ton dengan produktivitas 732 kg/ha/tahun dengan jumlah petani mencapai 287 KK. Produksi ini tergolong rendah bila dibandingkan dengan produktivitas karet secara nasional 1.073 kg/ha/tahun.


Rendahnya produksi karet rakyat di Jawa Barat disebabkan penerapan teknologi budidaya karet yang dianjurkan belum sepenuhnya diadopsi oleh petani. Dalam upaya meningkatkan produksi dan produktifitas tanaman karet rakyat, Dinas Perkebunan Jawa Barat bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), pada tanggal 27 - 28 Agustus 2018 menyelenggarakan Pertemuan teknis.


Pertemuan teknis dilaksanakan di 3 Kabupaten yaitu : Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Subang. Untuk Kabupaten Subang dilaksanakan di Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati. Sebagai narasumber Ir. Rusli dari Balittri Sukabumi dengan surat tugas Nomor : B-999/TU.040/H.4.4/08/2018. Pertemuan teknis dibuka oleh Rosa Nuraeni, SP, MP sebagai perwakilan Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dra. Nenden Setiawati, M.Si selaku Kabid. Perkebunan Kab. Subang, Ir. Lia Nurfarida selaku Kasi Produksi Perkebunan Kab. Subang, beserta staf Perkebunan Kab. Subang. Peserta pertemuan teknis dari kelompoktani Mandiri Sejahtera (Petani produsen) sebanyak 20 orang, sebagai ketua H. Ali Akbar, sekretaris H. Agus Wahyudi dan bendahara Ir. Adi Karta.


Menurut Kabid Dinas Perkebunan Kabupaten Subang Dra. Nenden Setiawati, M.Si., Untuk meningkatkan produktifitas karet rakyat di Kabupaten Subang telah ditempuh berbagai upaya antara lain perluasan tanaman, penyuluhan dan pembinaan, intensifikasi, penyediaan sarana dan prasarana serta penyebaran klon unggul bibit karet. Pertemuan teknis pada tanaman karet dengan materi “Diversifikasi pada tanaman karet” dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas persatuan lahan dan menambah pendapatan petani. Untuk tanaman karet umur 1-3 tahun dapat dilakukan penanaman tanaman semusim seperti : jagung, kacang tanah dan kedele. Sedangkan untuk tanaman karet yang sudah berumur 3 tahun lebih, dianjurkan menanam berbagai tanaman obat dan rempah seperti : kapulaga, jahe, kunyit, temulawak dan lengkuas


Sasaran pertemuan teknis tersebut adalah para petani / kelompok tani karet yang berada di wilayah tersebut. Dalam pertemuan teknis ini terlihat tingginya minat para petani karet untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara meningkatkan produktifitas tanaman karet. Melalui pertemuan teknis ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan para petani serta dapat melakukan Diversifikasi pada Tanaman Karet, sehingga pendapatan petani karet di Kab. Subang dapat ditingkatkan.

 

Artikel terkait