-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Lapor.go.id
PPID
SKM
Saber Pungli
satu-layanan
perpus_digital
WBK
WBS
Sigap UPG
Ejurnal
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 40 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 841611
Tingkatkan Kapasitas Riset di Indonesia PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Susilawati   
Rabu, 19 September 2018 07:30

Riset menjadi salah satu unsur penting dalam Kehidupan dan Peradaban manusia. Riset dan peneliti memiliki korelasi yang dapat dijadikan salah satu tolak ukur sejauh mana pembangunan manusia di negara berkembang. Banyaknya penemuan-penemuan yang kemudian mengubah peradaban dikembangkan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dewasa ini, dunia riset juga memiliki tantangan sendiri seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ditengah derasnya arus globalisasi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, banyak faktor yang harus terus dibenahi guna meningkatkan kualitas dan kapasitas riset di Indonesia. Termasuk melalui pengembangan sumber saya manusianya. Salah satunya melalui diklat jabatan fungsional. Berdasarkan Peraturan Kepala LIPI No.03 Tahun 2018 mengenai Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional Pertama Melalui Pengangkatan Pertama. LIPI bersama Lembaga Negara termasuk Kementerian Pertanian Republik Indonesia kemudian mengadakan pelatihan pembentukan jabatan fungsional bagi Peneliti PNS di lingkup Kementan.

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah terlatihnya PNS peneliti yang mampu melaksanakan tugas dan fungsi jabatan fungsional peneliti sesuai dengan jenjang jabatannya dengan menerapkan etika peneliti dan penelitian, terpenuhinya kompetensi dasar untuk mengikuti jabatan fungsional peneliti sesuai kebutuhan bidang tugasnya. Kompetensi yang di dapat dalam pelatihan ini disesuaikan dengan materi yang telah diberikan yaitu peserta mampu : menerapkan etika peneliti dan penelitian, menerapkan sistem karir pns peneliti sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, menerapkan sistematika laporan ilmiah, melaksanakan seminar laporan ilmiah, serta memahami program dan evaluasi pelatihan pembentukan jabatan  fungsional peneliti.

Jum’at (14/9) Salah satu calon peneliti Balittri Susilawati, M.Si, berkesempatan mempresentasikan laporan ilmiah dengan judul Pemanfaatan Musuh Alami untuk Pengendalian Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei) dalam pelatihan pembentukan jabatan fungsional peneliti. Ir. Gusti Indriati, M.Si. selaku peneliti senior Balittri  pun ditunjuk sebagai pembimbing dalam pembuatan laporan ilmiah ini. Prof. Dr. Gono Semiadi selaku penguji dan Prof. Dr. Rosichon Ubaidillah, M.Phill selaku coach berharap agar penelitian ini bisa dilaksanakan dan bermanfaar bagi petani. Sebelum kegiatan seminar ini dilaksanakan para peserta pelatihan telah  mengikuti kegiatan belajar mengajar pada 13-16 Agustus 2018 di Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI Cibinong, dan praktik penyusunan Laporan Ilmiah yang dilakukan selama 30 Hari di Unit Kerja masing-masing.

Acara penutupan yang dihadiri Kepala Bidang Penyelenggara Diklat Ika Susanti, SE, MM menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang telah menyelesaikan kegiatan pelatihan ini dengan baik semoga pengetahuan yang diperoleh dapat diimplementasikan di dalam tugas dan fungsinya masing-masing. Plt Kepala Pusbindiklat peneliti LIPI Ratih Retno Wulandari M.Si menutup acara Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti dan sekaligus berpesan agar tetap meningkatkan kompetensi individu yang dimiliki oleh peneliti.

 

Artikel terkait