-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 54 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 895994
Balitbangtan Terus Menggulirkan Inovasinya melalui Spekta Hortikultura 2018 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Jumat, 21 September 2018 09:51

Sebuah event besar yang dilaksanakan oleh Balitbangtan melalui unit kerjanya Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Hortikultura (Puslithorti), yaitu "Spekta Hortikultura 2018" yang berlangsung pada 20-23 September 2018 di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang, Bandung Barat. Acara dibuka oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman. Acara ini dihadiri oleh pejabat negara lingkup Kementerian Pertanian, Pemda, Perusahaan Swasta dan stakeholders lainnya. Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D juga menghadiri undangan tersebut. Di sini, buah-buahan dan sayuran tampil dengan performa yg sangat istimewa dengan kualitas ekspor.

 

Dalam sambutannya, Amran mengatakan bahwa ‚ÄúPetani kita sudah sangat produktif dan memiliki daya saing tinggi, hal ini terlihat dari makin meningkatnya ekspor produk pertanian, terutama yang ditunjukkan oleh para petani hortikultura, tentunya akan menambah devisa negara.  Menyikapi hal positif seperti ini, Kementerian Pertanian akan terus berupaya untuk memberikan dukungan, baik berupa inovasi teknologi seperti penyediaan benih unggul, maupun kemudahan berbisnis".

Pada kesempatan ini, ada beberapa komoditas unggulan hortikultura yang diluncurkan untuk diekspor, diantaranya tanaman hias, sayuran (buncis) dan tomat yang merupakan produk pertanian yang dihasilkan oleh petani di sekitar Lembang. Sekitar tiga ratus ribu tanaman hias dracaena dilepas ke pasar di Asia dan Timur Tengah, sedangkan buncis dan tomat sekitar enam ratus ton di ekspor ke Singapura yang semuanya dihasilkan oleh Kelompok Tani.

 

Sebagai bentuk dukungan bagi para petani dalam rangka mengembangkan terus produk hortikultura yang berkualitas tinggi, maka Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan memberikan insentif berupa pembagian benih unggul secara gratis kepada beberapa kelompok tani, dinas pertanian, dan petani dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya benih bawang merah, benih kentang, benih bawang putih, dan benih buah-buahan seperti mangga, manggis, jeruk, durian, jengkol, dan pete.

 

Agro Inovasi Fair (AIF) dan pameran Florikultura Indonesia juga menambah semaraknya rangkaian acara "Spekta Hortikultura 2018" ini. Semoga usaha mulia ini memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pertanian di Indonesia, khususnya hortikultura, sehingga sebagai negara tropis, Indonesia akan terus berjaya dalam produksi buah dan sayuran bukan hanya untuk keperluan domestik, tapi juga untuk skala ekspor. Semoga!

 

Artikel terkait