-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id
TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 53 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253446
7 Kabupaten di Jabar Dapatkan Pelatihan Budidaya Kopi dari Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dewi Nur Rohkmah   
Jumat, 12 Oktober 2018 09:15

Peluang industri kopi dewasa ini semakin baik dengan dikenalkannya kopi nusantara di Eropa dan Amerika. Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-4 sebagai negar penghasil kopi setelah Kolombia, Vietnam, dan Brazil. Hingga saat ini, sebagian besar perkebunan kopi masih didominasi oleh perkebunan rakyat, yang masih menggunakan teknik budidaya sederhana. Tak dipungkiri tingkat produktivitasnya pun masih rendah. Kopi terbaik pastinya berasal dari biji kopi terbaik. Itulah sebabnya, sangat diperlukan untuk memastikan proses budidaya kopi yang baik dan benar, sehingga menghasilkan kopi terbaik.

Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman kopi, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Balittri melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Budidaya Kopi. Dalam kesempatan ini 3 peneliti Balittri, yaitu Dr. Samsudin, M.Si, Ir. Handi Supriadi, dan Dewi Nur Rokhmah, M.Sc memberikan bimbingan teknis kepada petani kopi di tujuh kabupaten di Jawa Barat diantaranya, Subang, Bandung, Garut, Sumedang, Ciamis, Cianjur, dan Pangandaran. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari,  sejak  Selasa (2/10) lalu.

 

Bimbingan teknis berkaitan dengan budidaya tanaman kopi sesuai dengan Good Agriculture Practices (GAP). Materi yang disampaikan mengenai pemeliharaan tanaman kopi secara intensif,  mulai dari pemupukan, pemangkasan, pengelolaan penaung, pengendalian gulma,  hingga pengendalian hama penyakit. Pelatihan ini dilaksanakan dengan 2 (dua) metode yakni secara klasikal dan praktek lapang. Kedepannya, diharapkan para petani kopi di Jawa Barat melakukan budidaya tanaman kopi sesuai dengan pedoman teknis, sehingga produktivitas kopi di tanah priangan semakin meningkat. Sehingga kopi priangan bisa sejajar dengan kopi terbaik lainnya.

 

Artikel terkait