-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 978934
Dongkrak Produktivitas Tanaman Kakao di Tasikmalaya PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Laba Udarno dan Lia Anggraini   
Rabu, 10 Oktober 2018 11:36

Usaha Komoditas kakao di Jawa Barat terus berkembang. Sejalan dengan hal tersebut, Balittri dan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan kerjasama berupa kegiatan bimbingan teknis budidaya tanaman kakao. Bertempat di Desa Sukasari Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis dan Desa Mangun Jaya, Kabupaten Pangandaran. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari sejak Senin, (8/10). Bimtek ini merupakan lanjutan dari bimtek sebelumnya yang sudah dilaksanakan bulan April lalu.

Drs. Laba Udarno sebagai peneliti dari Balittri menyampaikan materi kepada 40 peserta yang sebagian besar terdiri dari petani kakao di Ciamis dan Pangandaran. Materi yang disampaikan berupa pengenalan klon kakao, cara pemupukkan, pemangkasan batang, teknik perbanyakan melalui sambung pucuk dan sambung samping. Terlihat peserta pelatihan pun sangat antusias mengikuti pengarahan yang disampaikan oleh narasumber. Selain itu, diskusi pun terjalin antara petani dan peneliti secara langsung, sehingga mereka bisa menggali lebih dalam mengenai budidaya tanaman kakao.

Gairah menanam kakao pun nampaknya semakin tumbuh. Didorong juga oleh permintaan nya yang meningkat karena harga kakao yang semakin menggiurkan bagi petani. Tak dipungkiri sentra kakao juga semakin bermunculan di setiap daerah. Melalui kegiatan bimtek ini diharapkan dapat mendukung peningkatan budidaya kakao, sehingga mampu memajukan daerah setempat menjadi sentra kakao.

 

Artikel terkait