-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874815
Balittri Kenalkan Produk Unggulan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia di Kalimantan Selatan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Sakiroh dan Lia Anggraini   
Kamis, 25 Oktober 2018 07:30

Perhelatan World Food Day atau Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 kali ini berlangsung di Kalimantan Selatan. Kementerian Pertanian sebagai pelaksana acara juga mengusung tema ”Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak dan Pasang Surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” yang mengacu pada tema Internasional. FAO telah menetapkam tema peringatan HPS tahun 2018 adalah ”Our Actions Are Our Future : #ZeroHunger World by 2030 is Possible”.

Acara puncak pembukaan Hari Pangan sedunia ke-38 dilaksanakan di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala dan dilanjutkan di Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru pada tanggal 18 Oktober 2018 yang dibuka oleh Menteri Pertanian. Pameran dimulai tanggal 18-21 Oktober menampilkan 203 stand pameran yang diikuti oleh kementerian terkait, pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota), organisasi internasional dan perusahaan. Kegiatan pameran meliputi bazar murah dan kuliner khas Kalimantan Selatan, gelar seni budaya, wisata edukasi, live cooking demo, aneka lomba dan pemecahan rekor MURI: “isi piringku” kepada 2018 orang ibu hamil.

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) adalah institusi pemerintah Indonesia di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) sebagai unit kerja Balitbangtan, Kementerian Pertanian berperan aktif dalam mendukung suksesnya HPS 2018 yang diperingati oleh masyarakat dan Dunia. Stand pameran Balittri menampilkan beberapa inovasi teknologi unggulan diantaranya: 1) Kopi Liberoid Meranti, (2) Benih Kopi Liberika, (3) Pakuwon Arabika Coffee, (4) Pakuwon Robusta Coffee, (5) Pakuwon Rabita Coffee, (6) Pakuwon Cocoa Powder.

Antusias pengunjung pada stand Balittri sangat tinggi terhadap teknologi unggulan. Kopi Liberika menjadi primadona dalam stand ini. Pengunjung ingin mengetahui lebih mengenai kopi Liberika. Sakiroh, S.P. selaku peneliti dari Balittri berkesempatan memberikan sedikit edukasi berkaitan dengan kopi Liberika kepada pengunjung pameran mengenai budidaya kopi Liberika di lahan gambut dan pasang surut, hingga cita rasa yang berbeda dengan kopi Robusta ataupun Arabika.

Pengunjung yang hadir dalam acara ini juga bervariasi. Mereka berasal dari berbagai elemen seperti petani, penyuluh, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Pameran ini menjadi salah satu upaya untuk mendiseminasikan inovasi-inovasi unggulan dari Balitbangtan, khususnya Balittri. Terutama dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan ketersediaan pangan yang bekualitas dan berkelanjutan.

 

Artikel terkait