-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874750
Workshop Pelepasan Varietas Tanaman secara Online PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Ilham Nur Ardhi Wicaksono   
Jumat, 26 Oktober 2018 07:30

Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) mengundang berbagai pihak yang terkait dengan pelepasan varietas tanaman diantaranya balai komoditas lingkup Badan Litbang Pertanian dan perusahaan benih untuk hadir dalam workshop sistem aplikasi pelepasan varietas tanaman secara online. Acara dilaksanakan pada hari senin, 22 Oktober 2018 bertempat di Hotel Royal Bogor. Ada 4 peneliti Balittri yang hadir yaitu Drs. Laba Udarno, Nur Kholilatul Izzah, S.P., M.P., Ph.D, Indah Sulistyorini, S.P., M.Si, dan Ilham N.A. Wicaksono, S.P., MSi.

Workshop dibuka oleh Kepala Bidang Pelayanan Perlindungan Varietas Tanaman, Ir. Ewin Suib, M.M mewakili Kapus PVTPP. Dalam sambutannya beliau menginginkan semua pengguna nantinya dapat mengaplikasikan sistem yang baru ini sehingga mempermudah proses pelepasan varietas. Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai prosedur operasional standar penilaian varietas dalam rangka pelepasan varietas tanaman. Ada 3 narasumber yang dihadirkan dalam diskusi panel, dari tanaman pangan disampaikan oleh Ir. Sigit Setiawan, M.M, Kasubdit Pengembangan Varietas Direktorat Perbenihan Dirjen Tanaman Pangan. Komoditas perkebunan oleh Dr. Ir. Rasidin Azwar, M.Sc dan hijauan pakan ternak oleh Ir. Nugroho Teguh dari Direktorat Pakan Ternak. Setelah pemaparan selesai langsung dilanjutkan sesi diskusi dimana mendapat respon yang cukup bagus dari audiens khususnya yang terkait dengan teknis pelepasan.

Aplikasi sistem rasanya kurang afdol jika tidak dipraktekkan langsung, untuk itu di sesi yang terakhir semua peserta melakukan simulasi sistem online dikawal oleh programer. Selain mencoba aplikasi, peserta juga memberi feedback pada item yang kurang sesuai. Dengan proses timbal balik ini diharap ke depan akan lebih sempurna dan mewadahi keinginan semua pihak. Acara ditutup oleh Kapus PVTPP Prof (Riset) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. Beliau mengapresiasi semua peserta yang hadir dan berharap acara ini dapat menyempurnakan sistem yang sedang dibangun dan yang terpenting adalah manfaat yang akan diperoleh semua pihak dengan adanya aplikasi pelepasan secara online.

 

Artikel terkait