-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874787
Persiapan Penetapan Kebun Entres Kopi Robusta PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Sakiroh dan Cici Tresniawati   
Rabu, 07 November 2018 07:30

Kopi Robusta (Coffea canephora) merupakan salah satu jenis kopi yang umumnya dibudidayakan oleh petani di daerah dataran rendah (< 700 m dpl) karena relatif lebih tahan terhadap serangan penyakit karat daun bila dibandingkan dengan kopi jenis Arabika (Coffea arabica). Menurut para petani, keunggulan lainnya adalah pemeliharaan kopi jenis Robusta dianggap lebih mudah dan sederhana. Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Lampung Utara, merupakan salah satu daerah sentra produksi kopi nasional yang sebagian besar petaninya membudidayakan kopi dari jenis Robusta.

Pengembangan kopi robusta ini dapat dilakukan dengan mudah oleh petani dengan teknologi sambung tak ent  dan stek berakar.  Petani kopi umumnya sudah mengenal sejak lama teknologi sambung pada kopi.  Teknologi sambung dapat dengan mudah dilakukan untuk memperbanyak klon unggul yang dikehendaki baik di lahan kebun maupun di pembibitan. Teknologi sambung dan stek berakar tentu memerlukan entres yang baik, klonnya jelas, sehingga produksinya akan lebih meningkat. Untuk itu perlu adanya kebun entres kopi.

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) berencana menetapkan kebun entres kopi Robusta di Kebun Percobaan Cahaya Negeri untuk memenuhi permintaan benih kopi Robusta di Provinsi Lampung khususnya Lampung Utara terutama di Desa Cahaya Negeri kecamatan Abung Barat. Kebun Cahaya Negeri terletak 143 km arah utara  kota Bandar Lampung, secara geografis terletak pada 04⁰52.014’ Lintang Selatan dan 104⁰39,769’ Bujur Timur, dengan ketinggian 170 m diatas permukaan laut. Klon kopi Robusta yang tersedia di kebun entres ada 7 klon dengan luas lahan 0,8 Ha yang sudah ditanam sejak tahun 2011. Klon kopi Robusta yang tersedia yaitu :  BP 534, BP 436, BP 358, BP 42, BP 913, SA 237, dan SA 203.

Hasil monitoring dan evaluasi tim MONEV dan Program pada kamis, 24 Oktober 2018 menyarankan dilakukannya pemurnian, dalam hal ini pemeriksaan kebenaran klon oleh pemulia kopi, sehingga klon yang akan dinilai tepat varietasnya, sebelum dilakukan penilaian dan penetapan oleh instansi terkait. Pemeliharaan sesuai standard opersional prosedur (SOP) Budidaya kopi Robusta. Serta mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung sesuai  dengan panduan  Pedoman Produksi, Sertifikasi, Peredaran, dan Pengawasan Benih Tanaman kopi (Coffea sp) (Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 319/Kpts/KB.020/10/2015).