-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874794
Monev KP Cahaya Negeri: Upaya Meningkatkan Performa yang Akuntable PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arlia Dwi Hapsari, Ilham N.A. Wicaksono dan Dewi Nur Rokhmah   
Kamis, 08 November 2018 07:30

Dalam proses  manajemen, monitoring dan evaluasi (monev) merupakan instrumen penting untuk pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan kegiatan agar dapat berjalan dan mencapai target sasaran sesuai dengan yang telah direncanakan.  Salah satu agenda monev adalah melaksanakan kegiatan monev lapang untuk mengetahui kondisi riil di lapangan. Monev dilakukan secara random terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan di lapangan dengan melakukan pemeriksaan fisik serta konfirmasi kepada pihak-pihak yang terkait atas pelaksanaan kegiatan.

Pada tanggal 23 Oktober 2018, tim monev dan manajemen Balittri bertolak ke Kebun Percobaan (KP) Cahaya Negeri, di Lampung Utara, yang merupakan salah satu KP di bawah naungan Balittri. Tim terdiri dari Dr. Ir. Samsudin, MSi; Ir. Edi Wardiana, MSi; Ir. Handi Supriadi, dkk. Beberapa hal yang menjadi pokok kegiatan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan evaluasi kegiatan KP secara menyeluruh (meliputi penelitian, plasma nutfah, pembangunan TTP (Taman Teknologi Pertanian), dan pemeliharaan         rutin KP)

2. Melihat kondisi kebun induk kakao dan kebun entres kopi robusta, selanjutnya menyiapkan kelengkapan administrasi untuk proses penetapan tahun 2019

3. Melakukan survey lokasi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan 2019

4. Evaluasi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) 2018 dan penelusuran potensi perolehan PNBP

5. Sosialisasi program TTP kepada pelaksana di lapangan

6. Sosialisasi sistem pelayanan publik Balittri pendukung TTP Kakao di KP Cahaya Negeri

7. Evaluasi pengajuan, pembukuan anggaran dan kegiatan KP

Sebelum meninjau ke lapangan, tim melakukan pertemuan dengan Kepala KP, Herman, dan seluruh karyawan KP Cahaya Negeri  di mess kebun. Dalam diskusi ringan, Ir. Edi Wardiana, MSi menyampaikan tujuan monev kali ini antara lain untuk mengetahui progres fisik kegiatan-kegiatan di KP, serta permasalahan yang dihadapi. Tim juga melakukan survey lokasi sebagai dasar perencanaan tahun depan, antara lain ke lokasi kebun entres kopi, kebun induk kakao, dan sarana pendukung TTP. Selain itu, juga disosialisasikan sistem administrasi kepegawaian berbasis online dan pelayanan publik kepada seluruh karyawan KP.  Herman, dalam kesempatan ini menyambut baik kedatangan tim dan memaparkan pencapaian KP terkini, termasuk potensi dan kendala yang ada. Harapan dengan adanya monev ini, kegiatan-kegiatan di KP dapat berjalan lebih baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

 

Artikel terkait