-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 976885
Tim Balittri Mendampingi Distribusi Doc Dan Sapronak pada Program #Bekerja di Kecamatan Sukaresmi Garut PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Selasa, 13 November 2018 07:30

Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#Bekerja) di wilayah Garut di Kecamatan Pakenjeng, Sukaresmi, Leles, dan Malangbong, menargetkan sampai Desember 2018, semua DOC (day old chicken) dan sarana produksi ternak (sapronak) pengadaan tahun 2018 telah didistribusikan pada seluruh rumah tangga miskin (RTM) penerima bantuan. Tujuan pendampingan adalah untuk mengetahui jumlah dan kondisi DOC ayam kampung unggul Badan Litbang (KUB) serta jenis dan volume sapronak yang telah diterima sekaligus memantau pendistribusian DOC dan sapronak ke RTM di empat desa Lingkup Kecamatan Sukaresmi.

Tim Bekerja Balittri yang terdiri dari Ir. Handi Supriadi, Dr. Kurnia Dewi Sasmita, Diah Ayu Rahmawati, S.IP., MM dan Dadan Iskandar pada tanggal 6-7 November 2018. melakukan serangkaian pendampingan di empat desa lingkup Kecamatan Sukaresmi yaitu Desa Sukajaya, Cintadamai, Padamukti, Mekarjaya dan Sukajaya. Pendampinga di Desa Padamukti, Cintadamai dan Mekarjaya dilakukan untuk memantau pendistribusian sapronak ke setiap RTM, sedangkan pendampingan di Desa Sukajaya bertujuan untuk mengetahui jumlah dan kondisi DOC KUB serta pendistribusiannya ke setiap RTM.

Pendampingan tim Balittri yang dilakukan pada tanggal 6 November 2018, melaporkan bahwa pemerintah Desa Cintadamai dan Desa Padamukti telah menerima sapronak untuk dapat didistribusikan dalam waktu dekat, sementara di Desa Mekarjaya sapronak sudah didistribusikan ke masing-masing RTM. Sapronak tersebut terdiri dari kandang sementara (brooder/dus), kabel lampu, lampu bohlam, tempat pakan dan minum ayam, sekam, vitamin, obat, desinfektan dan pakan ayam. Dana pembuatan kandang sebesar Rp. 500.000,- sebelumnya juga telah diberikan ke masing-masing RTM agar dapat segera mempersiapkan kandang sebelum dibagikan DOC ayam lokal unggul. Jumlah RTM di Desa Cintadamai sebanyak 164 RTM, Padamukti sebanyak 195 RTM, dan  Mekarjaya sebanyak 182 RTM.

Hasil pantauan tim Balittri pada beberapa RTM calon penerima bantuan pada beberapa desa tersebut, umumnya telah menyiapkan kandang untuk pemeliharaan ayam dewasa. Bagi petani yang lahan dan daya listriknya terbatas, maka beberapa RTM dapat menggabungkan kandangnya dalam satu lokasi kandang besar. Pemeliharaan ternak ayam oleh RTM akan terus dimonitoring oleh pendamping desa. Masing-masing desa memiliki sejumlah pendamping desa yang masing-masing pendamping rata-rata mendampingi 50 RTM, dan telah mulai melakukan pendampingan sejak sosialisasi program sampai pembuatan kandang dan pemeliharaan ternak.

Jumlah DOC KUB yang diterima oleh Kepala Desa Sukajaya pada tanggal 7 November 2018 sebanyak 15.000 ekor (300 box), yang akan didistribusikan ke 300 RTM. Sebelumnya telah dibagikan 750 ekor DOC di Sukajaya, sisanya 32 RTM di Sukajaya akan didistribusikan pada tanggal 14 November 2018 bersama dengan desa-desa lainnya di Kecamatan Sukaresmi. Pengadaan DOC dan sapronak untuk wilayah Garut dikordinasikan oleh BPTP Jawa Barat. Dengan demikian sampai tanggal 7 November 2018 sebanyak 15.750 ekor DOC yang telah terdistribusi pada 315 RTM di kecamatan Sukaresmi. Dari 15.000 DOC yang dirim oleh PT. Sumber Unggas Indonesia 35 DOC mengalami kematian dan langsung diganti oleh pihak perusahaan. Secara simbolis DOC oleh diserahkan oleh PPK BPTP Jabar kepada kepala Desa Sukajaya, kemudian kepala desa menyerahkan ke pendaping desa dan dari pendamping desa diserahkan ke RTM. Pendistrubusian DOC ke setiap RTM menggunakan box kardus (setiap box berisi 50 DOC) dengan memakai  alat transportasi kendaraan roda empat dan roda dua. Sapronak  yang terdiri dari brooder/dus, kabel dan colokan, lampu bohlam, tempat minum, tempat pakan botol, tempat pakan ransum, sekam, vitamin, therapy, desinfektan, karung, pakan ayam, telah diterima oleh semua  RTM sedangkan cool box dan timbangan di  terima oleh pendamping desa Setelah diterima RTM selanjutnya DOC dipelihara dalam brooder (50 DOC per brooder) yang  lantainya diberi  sekam dan dilapisi  koran. Agar DOC tidak kedinginan setiap brooder diberi lampu penerangan 100 watt.

 

Artikel terkait