Balittri dalam Agenda Hari Perkebunan ke-61, Gedung Sate-Bandung

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perkebunan ke-61 digelar di pelataran Gedung Sate, Bandung pada tanggal 8-10 Desember 2018. Tema yang diusung adalah "Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan" dengan penyelenggara adalah Direktorat Jenderal Perkebunan dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Kementerian Pertanian RI. Peserta berasal dari berbagai kalangan, mulai dari petani penggiat perkebunan sampai para Gubernur yang konsen terhadap komoditas perkebunan yang ada di wilayahnya, diantaranya Gubernur Bangka Belitung, Gubernur Maluku, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan serta banyak lagi pejabat pemerintahan lingkup Kementerian Pertanian.

Direktur Jenderal Perkebunan, Ir. Bambang, MM. sebagai wakil Menteri Pertanian, menyampaikan sambutannya diawal acara. Dijelaskan beliau, "Perekonomian dunia saat ini sedang dihadapkan pada kondisi yang sulit, tetapi keberhasilan sektor komoditas perkebunan berhasil membantu mengangkat Indonesia pada level yang tidak terlalu terpuruk. Seperti tahun-tahun sebelumnya dan juga tahun berjalan 2018, sumbangsih komoditas perkebunan ini mencapai trilyunan rupiah. Tahun 2016 ekspor Indonesia mencapai 314 trilyun rupiah, 2017 meningkat menjadi 432 trilyun rupiah, sementara 2018 diprediksikan lebih tinggi lagi."

Rangkaian event yang beragam, membuat acara begitu meriah. Pada kesempatan yang sama juga, dilakukan penandatangan MoU antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, dan diikuti penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan dan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar untuk rencana pengembangan kopi robusta di beberapa wilayah kabupaten lingkup Sumsel. Hadir pada acara tersebut, Kepala Puslitbangbun (Dr. Fadjry Djufry), Kepala Disbun Provinsi Sumsel (Ir. Fakhrurozi Rois), serta Kepala Balittri (Ir. Syafaruddin, Ph.D) didampingi oleh Dirjenbun (Ir. Bambang, MM).

Kemeriahan acara Hari Perkebunan ke-61 ini akan semakin bermakna bila semua pemerhati tanaman perkebunan terus giat menyuarakan dan mengimplementasikan teori-teori yang disampaikan, sehingga secara praktikal dapat menjangkau lapisan dalam atau para petani untuk menjadikan mereka sumber daya yang unggul dan makmur. Dengan demikian akan menjadi penopang negara dalam skala yang lebih besar, seperti ekspor untuk peningkatan devisa negara, yang berujung pada kesejahteraan rakyat semua.

Highlights



Pengunjung

We have 144 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1047457

Kunjungan

Hari IniHari Ini411
KemarinKemarin1131
Minggu IniMinggu Ini3505
Bulan IniBulan Ini22508
TotalTotal38701
IP Anda : 44.211.22.31

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com