-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899973
Empat Varietas Kopi Robusta Balittri, Lulus Membanggakan pada Sidang Pelepasan Varietas PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Sakiroh dan Dermawan Pamungkas   
Rabu, 14 November 2018 07:30

Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan kembali digelar untuk kesekian kalinya. Sebanyak 18 proposal pelepasan diajukan oleh pengusul, baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Diantaranya kopi, kakao, kelapa, aren, pinang, kelapa sawit, lada, pala, tebu, tembakau, jarak kepyar dan indigofera. Untuk Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), merupakan kali kedua mengusulkan komoditas kopi, setelah sebelumnya sukses melepas dua varietas kopi Liberika, yang merupakan jenis kopi khusus untuk dataran sangat rendah (daerah pasang surut) dan memiliki cita rasa yang unik. Sementara pada momen kali ini, kopi Robusta menjadi andalan Balittri untuk diangkat dalam sidang pelepasan yang berlangsung di Harris Hotel and Conventions, Malang pada tanggal 7-9 November 2018. Diikuti sekitar 150 peserta dan 20 team evaluator.

Keempat varietas kopi Robusta yang dinamakan Korolla 1, Korolla 2, Korolla 3, dan Korolla 4 berasal dari daerah Lampung Barat, telah dinyatakan lulus sebagai varietas unggul kopi Robusta Indonesia pada saat pengumuman sidang terbuka. Korolla merupakan singkatan dari "Kopi Robusta Liwa Lampung Barat" yang penamaannya merupakan usulan dari pemerintah setempat sebagai penciri wilayah asalnya.

Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) Tanaman Perkebunan yang dipimpin oleh ketua tim Ir. H. Muhammad Anas, M.Si., melalui Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Tahun 2018, dengan gamblang menyetujui untuk melepas empat varietas tersebut. Tentunya disambut dengan sorak kegembiraan oleh tim Balittri yang setia menunggu hasil pengumuman sekitar pukul 23:30. Pengorbanan panjang dan rasa was-was pada saat menunggu pengumuman terbayar dengan kegembiraan. Tim Balittri yang selalu kompak pada setiap sidang pelepasan bahu membahu membantu sesuai dengan bidangnya.

Usulan ini merupakan hasil dari serangkaian proses panjang dan kerja keras uji observasi sejak tahun 2016 sampai 2018. Tim peneliti Balittri yang dipimpin oleh Drs. Laba Udarno, bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lampung Barat dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi sifat-sifat unggul Varietas Kopi Robusta Tugu Kuning (Korolla 1), Tugu Hijau (Korolla 2), Lengkong (Korolla 3), dan Bodong Jaya (Korolla 4). Kelebihan varietas-varietas ini, diantaranya memiliki produktivitas tinggi dan tahan terhadap hama penggerek  buah kopi (PBKo) dan penyakit karat daun. Dapat di tanam dari dataran rendah sampai wilayah dengan ketinggian  1100 mdpl. Semoga kinerja Balittri untuk menghasilkan produk unggulan seperti varietas unggul dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkopian di Indonesia.

 

Artikel terkait