-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 13 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899955
Pembelajaran Online untuk Pengembangan Kompetensi Pustakawan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Intan Nurhayati   
Kamis, 22 November 2018 07:30

Kegiatan pengembangan kemampuan diri para ASN di era reformasi birokrasi ini mutlak dilaksanakan secara berkelanjutan agar bisa memberikan  kinerja yang optimal. Demikian pula halnya dengan pengembangan kompetensi para pustakawan lingkup Kementerian Pertanian. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) yang dimandati untuk mengkoordinasi perpustakaan UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian tak henti-hentinya menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan kompetensi para pustakawan, dan yang terbaru adalah "Workshop Pembelajaran Online Perpustakaan Pertanian" pada tanggal 6-8 November 2018 di Bandung. Untuk itu, Balittri pun kembali mengirimkan pustakawannya untuk mengikuti acara tersebut, yaitu Intan Nurhayati, S.Sos.

Dalam arahan Kepala PUSTAKA yang diwakili oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Dr. Riko Bintari P., S.Sos., M.Hum., disampaikan bahwa semakin tingginya tuntutan kompetensi dan dan kinerja ASN,  khususnya pustakawan, harus diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan perpustakaan. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam era industry 4.0 harus pula diikuti dengan upaya pengembangan diri agar mampu berkinerja dengan optimal.

Pembelajaran online bagi para pustakawan dan petugas petugas perpustakaan lingkup Kementan yang dikembangkan oleh PUSTAKA merupakan salah satu gebrakan luar biasa demi tercapainya tujuan tersebut. Terlebih lagi UK/UPT Kementerian Pertanian tersebar di seluruh Indonesia sehingga dengan adanya platform pembelajaran online akan memudahkan pustakawan dan petugas perpustakaan untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya.

Para pemateri menyampaikan paparan yang sangat menarik, sesuai bidang kepakaran masing-masing. Dr. Yuni Ros Bangun, MBA dari School of Business and Management ITB mengangkat tema "Self Leadership Skill: Membangun karakter pustakawan menghadapi revolusi 4.0., Ahmad Baehaqi, S.Si., M.IT. dan Djadja Amarullah, S.Si., M.Kom dari UNPAD menyampaikan materi mengenai e-learning itu sendiri (Pengembangan E-Learning Management System dan Implementasi E-Learning Management System), sedangkan Ifan Muttaqien, S.P., MIT. dan Ir. Eka Kusmayadi, M.Hum dari PUSTAKA berbagi mengenai "Knowledge sharing - lesson learned pengelolaan perpustakaan dan museum di Belanda" dan "Pembelajaran Online Perpustakaan Pertanian".

Acara ini juga selain berisi pemaparan materi diakhiri dengan bimbingan teknis pembelajaran online pertanian sehingga para peserta bisa merasakan langsung kegiatan pembelajaran online.  Diharapkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi pemacu dan bekal bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan agar senantiasa berupaya menyesuaikan diri dengan perkembangan agar bisa berkinerja lebih baik lagi.

 

Artikel terkait