-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899916
Kebun Percobaan Cahaya Negeri Berbenah menuju Taman Teknologi Pertanian PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah dan Nendyo Adhi Wibowo   
Rabu, 28 November 2018 07:30

Kebun Percobaan (KP) Cahaya Negeri, di Lampung Utara, adalah salah satu dari 3 kebun percobaan di bawah naungan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Kementan. Letaknya cukup strategis, yaitu di pinggir jalan raya lintas tengah Sumatera, tepatnya di Jl. Raya Kotabumi – Bukit Kemuning Km.32, Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara. Kebun ini memiliki ketinggian tempat 230 m dpl dan luasnya mencapai 30 Ha.

Selayaknya kebun percobaan, KP Cahaya Negeri mempunyai fungsi utama dan penunjang. Fungsi utama sebagai tempat pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengkajian (litkaji), konservasi ex-situ koleksi Sumber Daya Genetik, produksi benih sumber, dan show-window inovasi teknologi. Sedangkan fungsi penunjang sebagai kebun produksi dan model agribisnis, pendukung diversifikasi dan ketahanan pangan, media pendidikan dan lokasi agrowidya wisata. KP Cahaya Negeri, sesuai mandat komoditas Balittri, diarahkan sebagai rujukan pengembangan teknologi tanaman kopi robusta, karet, dan kakao di wilayah Sumatera. Selain itu, juga terdapat kebun koleksi tanaman lada yang terpelihara dengan baik.

Pada tahun 2018, KP Cahaya Negeri mendapat kepercayaan sebagai salah satu tempat pengembangan Taman Teknologi Pertanian (TTP), untuk komoditas kakao. TTP merupakan program Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, sebagai terobosan untuk mempercepat penyampaian/transfer inovasi pertanian kepada masyarakat luas dan stakeholders, yang dilaksanakan sejalan dengan arah Nawa Cita Presiden Republik Indonesia.

TTP berada di tingkat kabupaten/kota dan dikembangkan sebagai wahana implementasi inovasi aplikatif spesifik lokasi yang matang dari hulu ke hilir dengan melibatkan stakeholders terkait. TTP diarahkan sebagai pusat penerapan teknologi untuk mendorong perekonomian di kabupaten/kota, dan tempat pelatihan, pemagangan, pusat diseminasi teknologi, dan pusat advokasi bisnis ke masyarakat luas.

Pada tahap pertama kegiatan TTP Cahaya Negeri, fokus kegiatan diarahkan pada pembangunan/perbaikan infrastruktur yang ada, identifikasi teknologi/potensi, serta penjajakan kerjasama dengan mitra potensial. Pembangunan yang dilakukan pada tahun pertama ini meliputi pembangunan pagar TTP, pembangunan sarana irigasi dan jaringannya, serta renovasi gedung kantor TTP. Semoga pembangunan TTP yang mulai dirintis ini, dapat berjalan dengan lancar dan selanjutnya dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak.

 

Artikel terkait