-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 85 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150354
Evaluasi Akhir KP4S 2018, Fast Track untuk Penciptaan Inovasi dan Teknologi Balitbangtan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Jumat, 30 November 2018 07:30

Kegiatan Kerjasama Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Strategis (KP4S) Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian tahun anggaran 2018 telah memasuki masa akhir pelaksanaannya. Sebagai salah satu satker Balitbangtan yang dipercaya untuk melaksanakan sejumlah kegiatan penelitian dengan sumber dana KP4S, Balittri ikut serta dalam seminar evaluasi akhir.

Untuk tahun ini, kegiatan seminar akhir diselenggarakan di Hotel Pandanaran Semarang mulai tanggal 21-24 November 2018. Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc pada Rabu siang. Dalam sambutannya beliau juga memberi arahan agar semua kegiatan yang telah dibiayai ini dapat memenuhi target capaian sesuai dengan yang direncanakan pada saat pengajuan proposal. Selain itu beliau juga menghimbau agar segala output yang diperoleh dapat segera dirasakan manfaatnya bagi segala lapisan masyarakat.

Balittri, memperoleh kepercayaan untuk melaksanakan 8 judul kegiatan penelitian, dua diantaranya merupakan kegiatan yang pendanaannya baru dimulai pada tahun anggaran 2018, sedangkan 6 sisanya merupakan kegiatan penelitian lanjutan dari tahun sebelumnya. Pada saat penyampaian laporan perkembangan kegiatan penelitian, hampir semua kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh staf peneliti Balittri mendapatkan sejumlah kritik dan saran yang membangun dari para evaluator.

Seiring dengan hal tersebut, sejumlah apresiasi pun banyak dituai oleh para staf peneliti yang ikut terlibat dalam sejumlah judul kegiatan penelitian. Pendaftaran segera hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) untuk varietas unggul baru yang memiliki potensi untuk dilepas, pendaftaran paten untuk sejumlah teknologi dan formulasi serta pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) untuk sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi serta memberi solusi pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kopi merupakan langkah selanjutnya yang harus segera dilakukan oleh staf peneliti agar output hasil penelitian tersebut memiliki nilai lebih. Dengan adanya evaluasi ini, Balitbangtan dapat merasa bangga dengan keahlian sumber daya staf peneliti yang dimilikinya untuk menciptakan inovasi dan teknologi yang menjadi inventaris bagi Balitbangtan umumnya, dan khususnya Balittri. Inovasi dan teknologi yang dihasilkan ini sangat diharapkan dapat segera didiseminasikan ke masyarakat agar memberikan manfaat yang lebih besar.

 

Artikel terkait