-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899985
Gratifikasi.. No Way!!! PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Diah Ayu Rahmawati dan Arlia Dwi Hapsari   
Selasa, 04 Desember 2018 07:30

Dalam upaya peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan pengelolaan gratifikasi, Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan Pembinaan Maturitas SPI dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Gratifikasi di Surabaya pada tanggal 26 – 27 November 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh 60 orang peserta Sub Unit Pengelola Gratifikasi (UPG) dan Tim Satlak PI dari seluruh UPT Balitbangtan.


Kegiatan dibuka oleh Kepala BPTP Jawa Timur, Dr. Chendy Tafakresnanto, MP, yang mewakili Sekretaris Badan. Beliau memberikan arahan bahwa sejak tahun 2014 – 2016 Kementerian Pertanian dalam hal ini Inspektorat Jenderal telah melakukan pembinaan dalam pengelolaan dan pelaporan gratifikasi. Hal ini dilakukan karena masih rendahnya kesadaran dalam pelaporan gratifikasi. UPG dibentuk sebagai salah satu upaya pencegahan KKN. Beliau juga menjabarkan SPI sebagai proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.


Pada hari kedua, hadir narasumber dari Inspektur Investigasi, Inspektorat Jenderal, Kementerian Pertanian, Drh. Pujo Harmadi, MP dan Suparmadi, SE, MA. Kegiatan Bimtek diawali dengan pembentukan kelompok kerja, dilanjutkan pemaparan narasumber, diantaranya tentang bentuk-bentuk gratifikasi, disertai diskusi dan tanya jawab. Setiap perwakilan kelompok berbagi pengalaman dalam melaksanakan SPI dan mengelola pelaporan gratifikasi di lingkungan kerjanya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan dan solusi. Selain itu, dilakukan praktikum pengisian form pelaporan gratifikasi secara online.


Keberhasilan pelaksanaan SPI dan pengelolaan gratifikasi dapat dicapai dengan pemahaman yang baik dan benar, serta komitmen yang kuat dari pimpinan. Dengan adanya kegiatan tersebut diatas, diharapkan pengelola gratifikasi di tiap UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian memperoleh peningkatan pemahaman dalam pengelolaan gratifikasi, serta dapat mensosialisasikannya di lingkungan masing-masing, sehingga menumbuhkan kesadaran seluruh karyawan dalam pelaksanaan SPI dan pelaporan gratifikasi.


 

Artikel terkait