-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
TV-TANI
Saber Pungli
SKM
WBS
WBK
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 926695
Alumni Balittri Pertama yang Menyandang Gelar Profesor Riset PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Jumat, 14 Desember 2018 07:30

Orasi pengukuhan tiga Profesor Riset Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian, dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2018 bertempat di Auditorium Sadikin Sumintapura, Bogor. Ketiga peneliti tersebut adalah: Prof. Dr. Ahsol Hasyim, MS.; Prof. Dr. Ir. Gunawan, MS.; dan Prof. Dr. Ir. Rubiyo, M.Si. sukses mencapai jenjang tertinggi dalam jabatan fungsional peneliti, masing-masing dalam bidang hama dan penyakit tanaman, nutrisi dan teknologi pakan, serta pemuliaan dan genetika tanaman.


Dalam sambutan Menteri Pertanian RI yang sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Badan Pengembangan Penyuluhan dan Sumberdaya Manusia Pertanian (PPSDMP), Dr. Ir. Momon Rusmono, memberikan apresiasi yang tinggi kepada ketiganya. Sejalan dengan itu Mentan mengharapkan supaya ketiga profesor riset yang baru dilantik ini dapat memberikan warna baru bagi dunia penelitian, tentunya melalui Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) yang mewadahi.


Disampaikan juga bahwa pengukuhan hari ini sangat baik momentumnya, bersamaan dengan akan berakhirnya siklus pelaksanaan pembangunan kabinet kerja tahun 2014-2019. Sebagaimana kita ketahui bersama, pada tahun terakhir dari kabinet kerja ini dicanangkan upaya pengembangan sumberdaya manusia, setelah selama empat tahun terakhir perhatian pemerintah banyak diberikan pada upaya pengembangan infrastruktur diberbagai bidang.


Balittri menjadi sangat bangga, karena satu alumninya sudah menyandang gelar tertinggi dalam dunia penelitian, yaitu profesor riset. Beliau adalah Profesor (R) Rubiyo yang pernah menjabat sebagai Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Sukabumi. Dalam orasinya beliau menyampaikan hasil risetnya mengenai “Perakitan Varietas Kakao Unggul Mendukung Ekspor dan Daya Saing Kakao Indonesia.” Berbagai metode yang ditawarkan untuk meningkatkan masalah perkakaoan di Indonesia mulai dari cara konvensional sampai melalui pendekatan bioteknologi, misalnya marka molekuler untuk menghasilkan varietas unggul kakao.


Keberhasilan Profesor (R) diharapkan dapat menjadi penyemangat peneliti-peneliti lain Balittri untuk terus berkarya dan memberikan hasil penelitian yang bermanfaat untuk bangsa Indonesia, serta juga dapat mencapai jenjang tertinggi ini. Semoga!

 

Artikel terkait