Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 15 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1988035
Workshop K3 untuk Personel Laboratorium PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Siti Aminah Handayani   
Senin, 17 Desember 2018 07:30

Dalam rangka meningkatkan pemahaman Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Badan Litbang Pertanian tentang pentingnya penerapan K3 untuk personel laboratorium, Balitbangtan mengadakan kegiatan Workshop K3 mengenai Emergency Respon dan Pengelolaan Bahan Kimia/Bahan Berbahaya yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Desember 2018 di Lorin Hotel Sentul, Bogor, yang diikuti oleh peserta sebanyak 48 orang dari unit kerja lingkup Balitbangtan di Jawa Barat.



Workshop dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi dan praktek. Adapun materi yang diberikan meliputi Identifikasi dan Penanganan Resiko di Laboratorium, Penanganan Bahan Kimia (Bahan Berbahaya), Implementasi SMK3 UK/UPT Balitbangtan, dan Emergency Respon. Sedangkan untuk praktikum K3 meliputi Penggunaan APAR, Pengelolaan Limbah B3, dan Penanganan Bahaya Laboratorium.


Kegiatan Workshop K3 ini ditutup oleh Sekretaris Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc., yang memberikan arahan agar hasil dari kegiatan Workshop K3 ini dapat diimplementasikan di unit kerja masing-masing, dan memperbaiki lingkungan unit kerja menjadi lebih baik lagi, serta harus dapat memberikan pemahaman bahwa kenyamanan dan kebersihan lingkungan itu adalah tanggung jawab bersama. Adapun manfaat dari adanya workshop K3 ini yaitu memberikan pengetahuan tentang bahaya-bahaya dan resiko dalam bekerja di laboratorium khususnya dan unit kerja umumnya, serta menjelaskan dan mengatur cara-cara untuk mengurangi resiko dan bahaya tersebut.


 

Artikel terkait