-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
TV-TANI
Saber Pungli
SKM
WBS
WBK
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 926688
Focus Group Discussion Perbenihan dan Kelembagaan Perkebunan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Rabu, 19 Desember 2018 07:30

Focus Group Discussion (FGD) perbenihan ini dilaksanakan dalam rangka menggali dan memperdalam studi terkait pengelolaan, permasalahan, tantangan dan evaluasi kinerja kelembagaan perbenihan komoditas perkebunan. FGD diprakarsai oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2018. Acara yang diisi oleh beberapa narasumber, baik lingkup Kementan sendiri maupun Perguruan Tinggi (IPB) dan swasta. Serta diikuti oleh para peneliti dan pemerhati perbenihan perkebunan, serta dihadiri pula oleh Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Surabaya.


FGD dibuka langsung oleh Kepala Puslitbangbun, Dr. Fadjry Djufry yang sekaligus memberikan arahan. Disampaikan bahwa "pembagian benih perkebunan ini telah lama ditunggu-tunggu oleh petani", dan Kementerian Pertanian sangat tanggap dengan hal tersebut, sehingga pada APBN-P 2017 langsung mengguliran program perbanyakan benih dalam jumlah jutaan untuk dibagikan secara gratis. Puslitbangbun sendiri memproduksi benih unggul bersertifikat ini melalui empat UPT yang ada di bawahnya, yaitu Balittri, Balittro, Balittas dan Balitpalma dengan komoditas sesuai mandatnya masing-masing.


Direktur Perbenihan Perkebunan Ditjenbun, Ir. Muhammad Anas, M.Si menyampaikan paparan dengan topik "Regulasi perbenihan, kebutuhan benih dan perkembangan sistem perbenihan nasional perkebunan. Sementara dari IPB, Dr. Purwono mengangkat tema "Studi pengelolaan dan  kelembagaan komoditas tebu". Ketua Umum Perkumpulan Penangkar Benih Perkebunan Indonesia, Ir. Badaruddin Puang Sabang, juga turut sumbang saran dengan topik sajian "Perkembangan perbenihan perkebunan  dan kelembagaan penangkar nasional". Sedangkan masing-masing Kepala Balai lingkup Puslitbangbun membicarakan "Produksi benih unggul bersertifikat dan permasalahannya".


FGD berlangsung sangat produktif dengan diskusi dan pembahasan detail dari setiap tema yang dipaparkan. Permasalahan yang dihadapi dalam pendistribusian benih kepada Calon Petani/Calon Lokasi (CP/CL) dapat dituntaskan dan dicarikan solusinya, sehingga ke depannya dapat berjalan lancar dan sesuai dengan waktu pembagian, serta tepat sasaran.


 

Artikel terkait