Gerakan Santri Tani Milenial, Wujudkan Energi Kedaulatan Pangan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kementerian Pertanian menggandeng santri dari perwakilan pondok pesantren di Indonesia dalam program gerakan Santri Tani Milenial. Launching Santri Tani Milenial diselenggarakan di Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (25/1). Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dalam berbagai komoditas. Sebayak 15000 santri yang terdiri dari perwakilan pesantren di Indonesia ikut meyukseskan gerakan Santri Tani Milenial ini. Santri Tani Milenial menjadi salah satu cara guna menjawab tantangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, Kementerian Pertanian memberikan bantuan langsung benih unggul seperti padi, jagung, dan tanaman hortikultura. Selain itu, diserahkan juga bantuan ternak berupa 10 ekor kambing, 6 ekor sapi, dan 500 ekor ayam untuk pesantren di setiap provinsi. Hampir semua provinsi mendapatkan bantuan ini secara merata mulai dari Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bengkulu, Lampung, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Papua, dsb .

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa gerakan ini bisa dijadikan regenerasi petani untuk membangun kemandirian pertanian berbasis pesantren. Itulah mengapa Kementerian Pertanian merangkul pesantren, khususnya generasi muda. Diharapkan dengan diberikannya pendidikan dan ketrampilan bertani, mereka akan lebih tertarik menekuni dan meneruskan usaha pertanian dan peternakan. “Bantuan 1 juta ekor ayam ini untuk seluruh santri se-Indonesia, tambahnya. Tak lupa, Menteri Amran pun menyerahkan sebanyak 10 alat mesin pertanian berupa hand traktor. Ditegaskannya, bantuan tersebut sudah dapat diakses tanpa ada prosedur yang sulit. “Ada tiga sasaran yang hendak dituju dari program ini yakni, memenuhi sendiri kebutuhan gizi para santri, menggalakkan semangat berwirausaha, serta meningkatkan kesejahteraan santri dan pesantren” paparnya. Semoga ini menjadi energi baru untuk pangan di Indonesia.

Highlights

Pengunjung

We have 128 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1111278

Kunjungan

Hari IniHari Ini884
KemarinKemarin703
Minggu IniMinggu Ini2655
Bulan IniBulan Ini2655
TotalTotal87950
IP Anda : 44.210.77.106

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com